24 C
id

GeRAK Aceh Minta Mendagri Periksa Pengelolaan Keuangan Pemko Banda Aceh

GeRAK Aceh Minta Mendagri Periksa Pengelolaan Keuangan Pemko Banda Aceh
Logo GeRAK Aceh. (Foto: GeRAK)
BANDA ACEH -  Askhalani, koordinator Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh, mengungkapkan adanya ketidakberesan dalam pengelolaan keuangan pemerintahan Kota Banda Aceh. Hal ini terkait dengan beredarnya berita mengenai hutang yang belum dibayar oleh Pemko Banda Aceh kepada beberapa rekanan yang telah menyelesaikan proyek pada tahun anggaran 2022.

Menurut Askhalani, kondisi ini cukup beralasan dan menunjukkan kinerja tata Pemko Banda Aceh sedang tidak baik. Terlihat dari jumlah hutang Pemko yang terus bertambah selama setahun masa jabatannya. GeRAK juga menduga adanya upaya menutupi ketidakberesan ini oleh dua pihak, yaitu Pemko dan Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh.

Askhalani mengkritisi kinerja Penjabat (Pj) wali kota Banda Aceh yang tidak sesuai dengan amanat yang diberikan saat menjabat. Selain itu, kinerja DPRK Banda Aceh juga dipertanyakan, karena seharusnya mereka dapat mengawasi pelaksanaan pemerintahan dengan baik.

GeRAK mencurigai sebagian besar proyek yang belum dibayarkan adalah hasil dari usulan pokok pikiran (pokir) anggota DPRK dan proyek reguler yang diusulkan oleh Pj wali kota. Oleh karena itu, Askhalani mendesak agar Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melakukan kajian mendalam terhadap proses internal pelaksanaan pemerintahan di Banda Aceh.

Menurut Askhalani, Mendagri harus turun tangan dan melakukan tindakan apabila ditemukan adanya pelanggaran yang berpotensi merugikan keuangan negara secara sistematis. GeRAK juga meminta Pemko Banda Aceh untuk bertanggung jawab dan membayar seluruh kerugian yang telah dialami oleh kontraktor yang telah menyelesaikan proyek.

Dalam menjelang Lebaran, kontraktor tidak dapat menerima hutang yang tidak dibayar karena mereka sudah bekerja dengan baik. Oleh karena itu, GeRAK berharap bahwa semua pihak dapat bekerja sama untuk memperbaiki kondisi keuangan Pemko Banda Aceh dan memastikan bahwa proyek-proyek yang telah diselesaikan dapat dibayar dengan baik.[]

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA