24 C
id

Bengkel Motor di Aceh Besar Terbakar karena Pembakaran Sampah

kebakaran
Kebakaran bengkel di Aceh Besar. (Foto: Dok. Humas BPBD Aceh Besar)
JANTHO - Sebuah bengkel motor milik M Yusuf (33) yang terletak di Gampong Kajhu, Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar, mengalami musibah kebakaran pada hari Jumat, 5 Mei 2023 sekitar pukul 12.14 WIB. Awalnya, pemilik bengkel berniat membakar sampah di sekitar lokasi, namun sayangnya, api yang bergejolak tersebut justru merembet ke tempat usahanya sendiri.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar, Ridwan Jamil, mengungkapkan bahwa kebakaran tersebut diketahui oleh saksi yang melihat api dari tumpukan botol oli bekas di samping bengkel.

Setelah menerima informasi, pihak BPBD segera mengirimkan dua unit armada pemadam kebakaran untuk melakukan pemadaman.

Tak disangka, begitu petugas tiba di lokasi, api sudah mulai berkurang berkat kerja sama warga sekitar dalam melakukan pemadaman secara gotong royong.

Menurut Ridwan, penyebab kebakaran murni karena pembakaran sampah plastik, ban, dan botol bekas. Hal ini menimbulkan imbauan dari pihak BPBD agar masyarakat lebih berhati-hati dan memperhatikan lokasi sekitar saat hendak membakar sampah, agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

"Angin sedang berhembus kencang saat kejadian, sehingga api dengan cepat merambat ke dinding bengkel tersebut," tambah Ridwan. Musibah kebakaran ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk senantiasa waspada dan bertindak dengan bijak dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Semoga tidak ada lagi bencana serupa yang terjadi di masa mendatang.

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya