24 C
id

Pemerintah Aceh Gratiskan Instalasi Listrik untuk 219 Warga Miskin di Abdya

program listrik gratis
Pemerintah Aceh Gratiskan Instalasi Listrik untuk 219 Warga Miskin di Abdya. (Foto: Humas Aceh)
BLANGPIDIE - Achmad Marzuki, Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, merasa bahagia dan gembira saat mengunjungi rumah Ibu Rasidah, salah satu penerima program bantuan pemasangan listrik gratis di Kampung Alue Sungai Pinang, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Selatan (Abdya), yang diselenggarakan oleh Pemerintah Aceh.

"Kami sangat bahagia dan senang hari ini, karena program bantuan pemasangan jaringan listrik PLN sebesar 2-4 ampere di rumah-rumah penduduk miskin di Kecamatan Jeumpa, Abdya, yang dilaksanakan oleh Dinas ESDM Aceh, tepat sasaran dan hasilnya memuaskan," kata Achmad Marzuki dalam kunjungannya ke rumah Ibu Rasidah pada Selasa (9/5).

Kunjungan kami ke lokasi penerima program bantuan pemasangan listrik PLN dari Pemerintah Aceh melalui Dinas ESDM Aceh di Kecamatan Jeumpa, Abdya, adalah bagian dari kunjungan kerja (kunker) kami ke pesisir pantai Barat-Selatan Aceh, yang didampingi oleh Pj Bupati, Kepala Bappeda Aceh, H T Ahmad Dadek, Kepala Biro Pembangunan Setda Aceh, Robby Irza, Kadis ESDM Aceh, Mahdinur, sejumlah kepala SKPA, dan sejumlah pejabat Pemkab Abdya.

Menurut Achmad Marzuki, tujuan dari kunjungan kerja ini adalah untuk melihat hasil dan manfaat program dan kegiatan APBA 2022 yang telah dilaksanakan oleh semua SKPA di pesisir pantai Barat-Selatan Aceh, serta meninjau lokasi pembangunan proyek fisik APBA 2023, penyaluran bantuan dana untuk pengurangan stunting, penyaluran dana KUR dari Bank Aceh Syariah, dan penyaluran berbagai jenis bantuan dari SKPA dan PT Pema serta instansi lainnya.

Rasidah, penerima bantuan pemasangan listrik PLN gratis untuk penduduk miskin dari Pemerintah Aceh, menyatakan rasa bahagia dan terima kasihnya kepada Achmad Marzuki yang telah membantunya memasang sambungan listrik gratis ke rumahnya dan datang langsung untuk melihat hasil pemasangan jaringan listrik PLN secara gratis dari Dinas ESDM Aceh.

Kadis ESDM Aceh, Mahdinur, menjelaskan bahwa program bantuan pemasangan listrik PLN secara gratis ke rumah-rumah penduduk dari Pemerintah Aceh telah dimulai sejak tahun 2014 dan pada tahun 2022 lalu, jumlah total sambungan mencapai 18.519. Untuk Pemkab Abdya, pada tahun 2022 lalu, telah dipasang 219 sambungan.

Namun, pada tahun anggaran 2023 ini, Mahdinur menyatakan bahwa karena alokasi anggaran APBA sudah berkurang, jumlah pemasangan listrik gratis ke rumah penduduk miskin juga berkurang menjadi 298 sambungan.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll