24 C
id

Pj Bupati Aceh Tengah Ajukan Usulan Pembangunan KTM Ketapang ke Kementerian Desa PDTT

KTM Ketapang
Pj Bupati Aceh Tengah T Mirzuan dalam pertemuan bersama Dirjen Transmigrasi Danton Ginting Munthe di Jakarta, Selasa (30/5/2023). (Foto: Prokopim Setdakab Aceh Tengah)
ACEH TENGAH - Pj Bupati Aceh Tengah T Mirzuan telah mengajukan sejumlah usulan kepada Kementerian Desa Pembangunan Tertinggal dan Transmigrasi terkait kelanjutan pembangunan Kota Terpadu Mandiri (KTM) Ketapang. Pertemuan antara Mirzuan dan Dirjen Transmigrasi Danton Ginting Munthe dilakukan secara langsung di Jakarta pada hari Selasa untuk membahas program-program terkait.

"Dalam rangka pengembangan kawasan transmigrasi KTM Ketapang Nusantara, kami telah mengajukan proposal yang telah diterima langsung oleh pihak Dirjen," ujar T Mirzuan.

Ia berharap Kementerian Desa PDTT dapat mendukung pembangunan kawasan transmigrasi di Aceh Tengah, termasuk KTM Ketapang Nusantara.

Mirzuan juga menjelaskan bahwa kawasan transmigrasi tersebut telah dibangun sejak tahun 2014 dengan penekanan pada sektor peternakan sebagai sumber ekonomi bagi penduduknya. Namun, pembangunan tersebut terhenti pada tahun 2019.

"Dengan pertemuan hari ini, kami berharap dapat mencapai hasil dan solusi dari pihak Kementerian serta menuntaskan berbagai masalah melalui pengembangan kembali pembangunan KTM Ketapang," tambahnya.

Di sisi lain, Dirjen Transmigrasi Danton Ginting Munthe menyatakan bahwa KTM Ketapang Nusantara merupakan salah satu program prioritas nasional. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pada tahun 2022, proyeksi indeks pengembangan transmigrasi KTM Ketapang mencapai angka 56,33, yang berarti pembangunannya masih di bawah target yang ditetapkan.

"Ini berarti indeks masih di bawah target yang ada, sehingga perlu didorong dengan memperhatikan lima dimensi, yaitu ekonomi, sarana prasarana, lingkungan, kelembagaan, dan sosial budaya. Kami akan membantu mengkolaborasikan sektor-sektor terkait dari kementerian dan investor, dan kami telah mengusulkan dukungan Sapras ke Kementerian PUPR dan Bappenas untuk KTM Ketapang," ungkapnya.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll