24 C
id

Armen, Warga Tionghoa yang Memeluk Islam di Aceh Besar: Perjalanan Menuju Cahaya Agama

warga tionghua
Warga Tionghoa yang Memeluk Islam di Aceh Besar. (Foto: Prokopim Pemda Aceh Besar)
ACEH BESAR - Seorang warga Tionghoa bernama Armen memperdalam keyakinannya dalam Islam dengan mengucapkan dua kalimat syahadat di Masjid Al Jihad, yang terletak di Kecamatan Montasik, Kabupaten Aceh Besar pada hari Sabtu, 3 Juni 2023. Armen, yang tinggal di Gampong Keudah, Kota Banda Aceh, sebelumnya memeluk agama Buddha, tetapi mendapatkan bimbingan dari Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Besar, Nasruddin.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Aceh Besar, Iswanto, menyatakan kebanggaannya sebagai umat Muslim karena Islam memiliki peran sebagai penerang bagi manusia. Islam memiliki kemampuan untuk membangunkan kesadaran manusia agar taat dan membimbing mereka kembali ke jalan yang benar.

"Semoga Armen, yang sekarang berganti nama menjadi Hasan Masyhur, dapat menjadi seorang mukmin yang taat dan benar-benar menerapkan ajaran Islam secara menyeluruh," ujar Iswanto.

Iswanto juga mengharapkan agar semua mukmin di Aceh, khususnya di Aceh Besar, dapat membimbing para mualaf agar menjadi pribadi yang taat terhadap ajaran agama Islam.

"Mari kita bersama-sama mengajarkan Islam yang baik kepada siapa pun, karena dengan begitu, orang akan merasa nyaman untuk memeluk agama Islam, karena pada dasarnya, Islam adalah rahmat bagi seluruh alam semesta," katanya.

Sementara itu, Ketua MPU Aceh Besar, Nasruddin, dalam ceramahnya menyatakan bahwa Islam adalah agama yang melindungi dan mengayomi seluruh manusia. Oleh karena itu, ia meminta kepada Hasan Masyhur, yang baru saja memeluk agama Islam, untuk terus memperdalam pengetahuan tentang Islam sebagai dasar dalam beribadah dan berinteraksi dengan sesama.

"Lanjutkanlah perjalananmu dalam memahami Islam secara terus-menerus, karena hal itu akan membimbing kita semua menuju surga serta mendapatkan keridhaan dan berkah dari Allah," pungkasnya.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya