24 C
id

Fakta Menarik Seputar Air Mata Hewan Kurban di Hari Raya Idul Adha

Idul Adha
Ilustrasi hewan kurban menangis (Foto: istockphoto.com/idntimes)
ACHEHNETWORK.COM - Hari Raya Idul Adha 2023 telah menjelang. Seperti yang telah diketahui, Hari Raya Idul Adha selalu dikaitkan dengan momen penyembelihan hewan kurban yang melibatkan berbagai jenis hewan seperti sapi, kambing, dan domba.

Tak jarang, setiap tahun momen ini menjadi perbincangan dengan viralnya video-video hewan kurban, termasuk sapi milik Ria Ricis, yang terlihat seolah-olah mengeluarkan air mata ketika akan disembelih.

Pada tahun 2022, Ria Ricis melalui unggahan di kanal YouTube-nya, memperlihatkan sapi yang akan menjadi kurban mengeluarkan air mata.

"Sayang, eh dia nangis, keluar tuh air matanya," ucap Ria Ricis sambil mengelus-elus sapi kurbannya.

Banyak orang mempercayai bahwa hewan-hewan tersebut menunjukkan ekspresi kesedihan karena mereka sadar akan akan diambil nyawanya.

Namun, apakah benar demikian?

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, sebenarnya hewan-hewan mamalia seperti sapi, kambing, dan unta memiliki kelenjar air mata atau kelenjar lakrimal yang berfungsi untuk menjaga kelembaban mata mereka.

Selain itu, kelenjar ini juga berperan dalam melindungi mata dari debu, kotoran, dan bakteri.

Produksi air mata dari kelenjar mata hewan dapat terjadi dalam kondisi dan waktu yang berbeda-beda.

Misalnya, pada sapi dan unta, kelenjar air mata mereka bekerja sangat aktif sehingga air mata seringkali terlihat mengalir, bukan hanya saat Hari Raya Idul Adha saja.

Para ilmuwan juga telah menyetujui bahwa hanya manusia sebagai satu-satunya makhluk hidup yang dapat menghasilkan air mata sebagai respons emosional.

Pendapat dari seorang pakar di Indonesia juga mengungkapkan bahwa hewan-hewan yang terlihat mengeluarkan air mata bukanlah karena mereka merasakan kesedihan secara psikologis, melainkan karena mereka secara alami memproduksi air mata setiap hari, dan itu adalah hal yang normal bagi mereka.

Jadi, hewan-hewan seperti sapi yang tampak mengeluarkan air mata saat Hari Raya Idul Adha bukanlah karena mereka sedih, melainkan terkait dengan proses fisiologis dan alami yang telah dijelaskan sebelumnya secara ilmiah.

Demikianlah informasi menarik seputar fakta air mata pada hewan kurban yang ternyata tidak menangis saat akan disembelih.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya