24 C
id

Pengendara Harus Waspada: Pohon Tumbang Ancam Jalan Nasional di Gunung Paroe, Aceh Besar

Aceh Besar
Pohon Tumbang Ancam Jalan Nasional di Gunung Paroe, Aceh Besar (Foto: BPBD Aceh Besar)
ACEH BESAR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar memberikan imbauan kepada warga, terutama pengendara, agar lebih berhati-hati dan waspada terhadap pohon tumbang saat melintasi jalan nasional di kawasan Gunung Paroe, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar.

"Kami mengimbau kepada warga yang melewati Gunung Paroe dan Gunung Kulu agar berhati-hati dan waspada karena di musim hujan, daerah pegunungan tersebut sering terjadi longsor dan pohon tumbang," ujar Ridwad Jamil, Kepala BPBD Aceh Besar, pada Jumat (30/6).

Ridwan menjelaskan bahwa hujan deras yang disertai angin kencang pada Jumat (30/6) telah menyebabkan pohon tumbang di beberapa lokasi.

"Salah satunya adalah pohon yang tumbang menutupi badan jalan nasional di Gunung Paroe, tepatnya di km 33," katanya.

BPBD Aceh Besar telah melakukan pembersihan dan pemangkasan pohon-pohon tersebut yang menghalangi lalu lintas.

"Pembersihan dan pemangkasan telah selesai dilakukan, sehingga masyarakat pengguna jalan dapat melanjutkan perjalanan mereka," tambahnya.

Ridwan menambahkan bahwa dalam kondisi cuaca ekstrem saat ini, mereka juga mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dan waspada terhadap pohon tumbang di mana pun berada.

"Kami juga berharap agar tidak ada korban jiwa terjadi," ungkapnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini mengenai potensi hujan ringan hingga lebat yang akan melanda sejumlah wilayah di Aceh.

Selain itu, potensi hujan di beberapa wilayah Aceh diperkirakan akan berlanjut hingga tiga hari ke depan.

Hal ini disebabkan oleh belokan angin di wilayah Samudra Hindia bagian barat Aceh yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin di wilayah Aceh.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya