Achehnetwork.com, Sabang - Selamat datang di Sabang, sebuah surga tersembunyi yang tak hanya menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, tetapi juga kelezatan kuliner khasnya yang menggoda selera.

Bagi Anda para pecinta makanan yang tengah merencanakan perjalanan ke Sabang, Anda telah membuat pilihan yang tepat untuk menikmati petualangan kuliner yang penuh keunikan.


1. Nasi Gurih Saus Beulangong: Hidangan Legendaris yang Memukau

Mengawali petualangan kuliner di Sabang, jangan lewatkan Nasi Gurih Saus Beulangong, sebuah hidangan legendaris yang wajib dicicipi.

Nasi yang lembut dan harum dipadukan dengan beragam lauk-pauk, seperti ikan tongkol, gulai rebung, dan tak lupa, sambal beulangong dengan cita rasa khas yang menggoda selera.

Saus beulangong terbuat dari bumbu rempah-rempah lokal yang memberikan sentuhan magis pada setiap suapan, memikat lidah dan hati.


2. Mie Sabang: Penuh Kelezatan dan Kenikmatan

Selanjutnya, hadir Mie Sabang, sebutan untuk hidangan mi yang dikenal dengan kuah kari gurih dan daging sapi yang empuk.

Rasa lezatnya dan porsi yang melimpah membuat hidangan ini sangat digemari oleh warga lokal maupun pengunjung dari berbagai penjuru.

Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk menyantap Mie Sabang yang akan menggoyang selera Anda dengan nikmatnya.


3. Es Tebu Kamang: Minuman Segar Penyegar Jiwa

Untuk mengatasi dahaga setelah berkeliling, jangan ragu untuk mencicipi Es Tebu Kamang, minuman segar yang menyegarkan jiwa.

Terbuat dari sari tebu segar yang dicampur dengan sirup dan es serut, minuman ini memberikan kesan manis dan segar yang cocok untuk menenangkan diri di tengah cuaca tropis Sabang yang menggoda.


4. Gule Pliek U: Hidangan Ikan Khas yang Menyelami Budaya

Tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi Gule Pliek U, hidangan khas Aceh yang juga menjelma populer di Sabang.

Ikan tongkol atau ikan cakalang diolah dengan santan dan rempah-rempah, menciptakan kuah gurih yang begitu kaya rasa.

Hidangan ini kerap disantap dengan nasi putih dan acar, menciptakan harmoni cita rasa yang menggugah selera.

5. Martabak Sabang: Manis dan Gurih, Menggoyang Lidah Anda...

Lanjut Halaman 2...


5. Martabak Sabang: Manis dan Gurih, Menggoyang Lidah Anda

Untuk camilan yang manis dan gurih, tidak ada yang lebih sempurna daripada Martabak Sabang. 

Adonan khas diisi dengan cokelat, kacang, dan keju, kemudian diolah hingga menjadi lezat dan renyah. 

Jangan lewatkan para pedagang martabak yang menjajakan kelezatan ini di sepanjang jalan, terutama saat malam hari, saat selera sedang bergelora.


6. Kue Putu: Kenikmatan Tradisional yang Membawa Kenangan

Akhirilah petualangan kuliner dengan Kue Putu, makanan ringan tradisional terbuat dari campuran beras dan gula merah yang dimasak dalam cetakan bambu.

Wangi harum daun pandan dan cita rasa manis legit yang menyertainya akan membuat Anda merasa seperti mengarungi kenangan indah di pulau ini.


Jadi, jangan sia-siakan kesempatan untuk mengeksplorasi wisata kuliner khas Sabang yang menggugah selera ini.

Setiap hidangan memiliki cerita dan cita rasa tersendiri, mencerminkan warisan budaya kuliner yang kaya di pulau indah ini.

Nikmati perjalanan kuliner Anda di Sabang dan buatlah kenangan tak terlupakan dari destinasi kuliner yang menakjubkan ini.(*)

Dapatkan update berita dan artikel menarik lainnya dari Acheh Network di GOOGLE NEWS

Ikuti kami di Fb Acheh Network Media