24 C
id

Destinasi Wisata Idul Adha: Lebih dari 7.600 Wisatawan Serbu Sabang

Wisata Sabang
Ilustrasi wisatawan ke Sabang (Foto: SHUTTERSTOCK/Kompas.com)
ACHEHNETWORK.COM, SABANG - Pulau Weh Sabang, yang terletak di ujung barat Indonesia, menjadi magnet bagi para wisatawan selama libur Idul Adha 1444 Hijriah pada tanggal 28 Juni hingga 2 Juli 2023.

Data manifest penyeberangan orang yang tercatat di Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, yang dirilis oleh Kepala Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, Ismayadi, mengungkapkan bahwa sebanyak 7.681 wisatawan mengunjungi Sabang selama periode tersebut.

"Angka ini didapatkan dari data penyeberangan yang tercatat di Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue hingga Minggu, 2 Juli 2023. Selama cuti bersama Lebaran Idul Adha 1444 H, terdapat 14.472 orang yang menggunakan jasa angkutan penyeberangan (pulang-pergi) dari Banda Aceh ke Sabang," ujar Ismayadi pada Senin, 3 Juli 2023.

Mayoritas pengunjung tersebut adalah wisatawan yang berencana berlibur di pulau terpencil ini selama masa liburan Idul Adha 2023.

Menurut Ismayadi, meskipun kapal hanya beroperasi dengan satu trip pelayaran, baik menggunakan kapal Ferry Roro maupun kapal cepat, lonjakan jumlah wisatawan terjadi sejak hari pertama lebaran.

"Hari pertama didominasi oleh wisatawan dari luar Aceh, namun sejak hari kedua lebaran, wisatawan lokal juga mulai ramai menyeberang ke Sabang," ungkap Ismayadi.

Selain peningkatan jumlah penumpang, data yang diperoleh juga menunjukkan peningkatan signifikan dalam jumlah kendaraan yang diangkut ke Sabang.

Terdapat 489 unit kendaraan roda 4 dan 1.470 unit kendaraan roda 2.

Tingginya minat masyarakat untuk berwisata ke Sabang terlihat jelas dengan penambahan jumlah trip penyeberangan mulai Sabtu hingga Minggu kemarin.

"Pada hari Sabtu dan Minggu, terdapat 5 trip penyeberangan dari dan ke Sabang," tambahnya.

Sabang, yang terkenal dengan keindahan pantainya, menjadi tujuan utama para pelancong yang mencari ketenangan dan keindahan alam yang menakjubkan.

Dengan pemandangan laut yang memukau, pantai berpasir putih, dan kehidupan bawah air yang kaya, Sabang menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan bagi wisatawan dari berbagai penjuru. 

Keberhasilan Sabang dalam menarik minat wisatawan lokal dan mancanegara semakin jelas dengan lonjakan kunjungan selama libur Idul Adha kali ini.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya