24 C
id

Kebakaran Hebat di Aceh Barat Daya: 8 Unit Rumah Hangus Terbakar

kebakaran, Gampong Geulumpang Payong, Aceh Barat Daya, rumah warga, armada pemadam kebakaran, penyebab kebakaran, korban jiwa, penyelidikan, solidaritas, dukungan
Masyarakat Menyaksikan Bangunan Hangus Terbakar (Foto: Dok BPBK Abdya)
Achehnetwork.com, Aceh Barat Daya - Gampong Geulumpang Payong, yang terletak di Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), diguncang kebakaran hebat pada Selasa, 18 Juli 2023.

Delapan unit rumah warga menjadi korban nyala api yang membara.

Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Penanggulangan Kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) setempat, Nanda Hikmah Fajri, menjelaskan bahwa kebakaran terjadi sekitar pukul 17.45 WIB.

Untuk mengatasi kebakaran tersebut, enam unit armada pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang melalap bangunan-bangunan tersebut.

Tim pemadam kebakaran terdiri dari empat unit armada dari pos induk Blangpidie, satu unit dari pos Manggeng, dan satu unit dari pos Kuala Batee.

Selain itu, tiga unit mesin portable untuk penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) juga turut dikerahkan.

"Hingga saat ini, upaya pendinginan masih dilakukan. Total delapan bangunan, termasuk ruko dan rumah warga, dilaporkan terbakar," ungkap Nanda.

Meskipun kebakaran tersebut merugikan banyak bangunan, tidak ada laporan mengenai korban jiwa dalam bencana ini.

Namun, penyebab utama dari peristiwa tersebut yang menyebabkan api meluas dan menghanguskan rumah-rumah warga masih belum diketahui.

"Nah, penyebab pastinya masih dalam penyelidikan. Jika ada perkembangan informasi lebih lanjut, akan segera kami sampaikan," jelas Nanda.

Kejadian tragis ini mengundang keprihatinan dan perhatian masyarakat setempat.

Proses penyelidikan yang sedang berlangsung diharapkan dapat membantu mengungkap penyebab kebakaran serta mencegah terjadinya insiden serupa di masa mendatang.

Saat ini, solidaritas dan dukungan bagi para korban kebakaran menjadi prioritas untuk membantu mereka mengatasi dampak yang ditimbulkan oleh kejadian ini.(*)

Dapatkan update berita dan artikel menarik lainnya dari Acheh Network di GOOGLE NEWS

Ikuti kami di Fb Acheh Network Media

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya