24 C
id

Proyek Bendung Krueng Pasee Aceh Utara Senilai Rp44,8 M Tetap Dilanjutkan: Harapan Terwujud Berkat Komitmen Kementerian PUPR

Bendung Krueng Pasee Aceh Utara, Proyek Infrastruktur Terkini, Kementerian PUPR
Ilustrasi Proyek Bendungan Krueng Pasee (pixabay)

Aceh Utara, Acheh Network - Dalam berita yang menggembirakan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera I Ditjen Sumber Daya Air telah mengonfirmasi bahwa proyek Bendung Krueng Pasee yang sangat dinantikan akan tetap dilanjutkan.


Dengan penuh semangat, Pejabat Pembuat Komitmen Irigasi dan Rawa II Satuan Non Vertikal Tertentu Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air (PPK SNVT PJPA) BWS Sumatera I, Syafrepi, menyatakan bahwa dokumen untuk proses lelang saat ini dalam tahap persiapan dan dijadwalkan akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang.


Proyek ini telah mencapai progres yang mengesankan sebesar 36,67 persen, dengan anggaran yang telah dialokasikan sebelumnya mencapai Rp44,8 miliar.

Sisa pagu anggaran yang tersedia adalah sekitar Rp37,5 miliar, menandakan komitmen serius dari pihak berwenang untuk menyelesaikan proyek ini dengan baik.


Syafrepi menegaskan pentingnya persiapan yang matang dalam pelaksanaan proyek ini, mencatat pelajaran berharga dari pengalaman sebelumnya.

Dengan harapan agar air dapat segera mengalir ke lahan pertanian warga setelah proyek selesai, BWS Sumatera I berkomitmen untuk tidak terburu-buru.


Tidak hanya itu, sebagian masyarakat petani di Kecamatan Meurah Mulia sudah mulai kembali ke sawah mereka, dibantu oleh mesin pompanisasi.

BWS Sumatera I berharap agar dukungan dari tokoh-tokoh tani dan masyarakat akan mempercepat proses rehabilitasi proyek Bendung Krueng Pasee ini.


Proyek ini memang telah mengalami tantangan, dengan progres rehabilitasi yang masih harus diselesaikan.

Namun, proyek yang dilelang oleh Balai Wilayah Sungai Sumatera I Aceh pada tahun 2021, dan didanai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) senilai Rp44,8 miliar ini tidak akan terhenti.

Meskipun kontrak kerja PT Rudy Jaya telah diputuskan sejak 24 Maret 2023, semangat untuk menyelesaikan proyek ini lebih kuat dari sebelumnya.


Aceh Utara dapat melihat masa depan yang lebih cerah dengan janji Kementerian PUPR ini, di mana Bendung Krueng Pasee akan segera kembali mengalirkan manfaat bagi masyarakat setempat.(*)

Dapatkan update berita dan artikel menarik lainnya dari Acheh Network di Google News

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya