24 C
id

Bencana Banjir Landa Aceh Singkil: 25 Desa Terendam, Ribuan Jiwa Terdampak

 

Banjir Aceh Singkil
Banjir Aceh Singkil (Dok. BPBD Aceh Singkil)


Aceh Singkil, AchehNetwork.com - Bencana banjir melanda Kabupaten Aceh Singkil, menggenangi 25 desa dan merendam kehidupan ribuan jiwa.

Data terbaru mencatat 18.633 jiwa atau setara dengan 4.628 Kepala Keluarga (KK) terdampak oleh banjir yang melanda empat kecamatan di wilayah tersebut.


"Pusdalops BPBD Aceh Singkil melaporkan bahwa banjir telah menggenangi 25 desa yang tersebar di empat Kecamatan Aceh Singkil. Akibat musibah ini, sekitar 18.633 jiwa mengalami dampak yang cukup signifikan," ungkap Rosiana Kusuma Wardani, petugas piket Pusdalops BPBD Aceh Singkil, seperti yang dikutip dari HabaAceh.id.


Desa-desa yang terkena dampak banjir meliputi Kecamatan Gunung Meriah, Singkil, Kuta Baharu, dan Simpang Kanan. Rosiana menjelaskan bahwa ketinggian air terus meningkat dari hari sebelumnya. 

"Pada Jumat kemarin, ketinggian air hanya mencapai 1,5 meter, dan hari ini, Sabtu (25/11), air naik menjadi 1,8 meter. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini," tambahnya.


Tidak hanya merendam rumah penduduk, banjir juga melanda jalan nasional, jalan penghubung antar desa, serta fasilitas umum seperti sekolah dasar, taman kanak-kanak, masjid, balai pertemuan, dan puskesmas.

"Jembatan penghubung antar desa, khususnya di Desa Pulo Sarok, sedang dalam proses perbaikan. Namun, jalan penghubung Kecamatan Singkohor Gunung Meriah, di Desa Bukit Harapan dan Desa Sumber Mukti, Kecamatan Kuta Baharu, kini sudah dapat dilalui," paparnya.


Tim gabungan dari BPBD, TNI, dan Polri telah dikerahkan ke lokasi untuk membantu evakuasi masyarakat, terutama di Desa Ujung Bawang, Kecamatan Singkil.

"BPBD telah menyiagakan perahu politelen untuk membantu proses evakuasi masyarakat," tandasnya. 

Situasi di lapangan terus dipantau secara ketat oleh pihak berwenang untuk memastikan bantuan dan evakuasi berjalan lancar demi keselamatan masyarakat terdampak.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll