24 C
id

Ketua DPRK Bener Meriah Mendorong Sinergi Eksekutif-Legislatif Demi Kemajuan Daerah

DPRK Bener Meriah
Kantor DPRK Bener Meriah (net)

Bener Meriah, AchehNetwork.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Bener Meriah, MHD Saleh, mengajak eksekutif dan legislatif untuk bersatu dalam sinergi, berkoordinasi, dan membangun komunikasi yang efektif guna mengakselerasi pembangunan daerah pada tahun anggaran 2024.

Saleh juga menekankan transparansi program pemerintah sebagai kunci utama.


"Mari bersama-sama membuka lembaran baru dalam kolaborasi eksekutif-legislatif untuk memajukan Bener Meriah. Transparansi program adalah kunci kepercayaan masyarakat," ujar MHD Saleh saat membuka sidang paripurna DPRK Bener Meriah mengenai Rancangan Qanun APBK Tahun Anggaran 2024, Senin (27/11), di Ruang Sidang DPRK Bener Meriah.


Dalam sambutannya, Saleh juga mengajak eksekutif untuk memerhatikan potensi sumber daya yang dimiliki oleh Kabupaten Bener Meriah, seperti sektor pertanian, pariwisata, dan potensi lainnya yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).


"Sumber daya kita, terutama di sektor pertanian dan pariwisata, dapat menjadi katalisator peningkatan kesejahteraan masyarakat. Mari kita optimalkan potensi yang ada," tambah Saleh.


Sementara itu, Pelaksana Tugas (Pj) Bupati Bener Meriah, Haili Yoga, mengharapkan pembahasan RAPBK 2024 dapat dilaksanakan dengan lebih efektif, efisien, dan bertanggung jawab.

Yoga menyebutkan target Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) Bener Meriah TA 2024, serta berbagai rincian pendapatan dan belanja daerah, dengan harapan agar dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.


"Kami menargetkan anggaran yang efisien dan berdaya guna, sesuai sasaran dan manfaat bagi Bener Meriah. Semua program harus memberikan dampak nyata untuk masyarakat," tegas Haili Yoga.


Dalam rincian, Bener Meriah menargetkan PAD TA 2024 sebesar Rp 84.798.592.210, dengan pendapatan pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah, dan pendapatan asli daerah lainnya.

Jumlah tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat.


Haili Yoga juga merinci alokasi belanja daerah, termasuk belanja operasional, belanja pegawai, belanja barang dan jasa, belanja hibah, belanja bantuan sosial, belanja modal, serta rencana belanja modal gedung dan bangunan, jalan, jaringan, dan irigasi.


"Dengan alokasi dan rencana yang matang, kami optimis mampu memberikan dampak positif bagi Bener Meriah. Meski menghadapi defisit, kita tetap fokus pada pembangunan yang berkelanjutan," pungkas Haili Yoga.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll