24 C
id

Masyarakat Aceh Desak Pemerintah Pusat Segera Turun Tangan Atasi Banjir

Banjir Aceh
Masyarakat Aceh Desak Pemerintah Pusat Segera Turun Tangan Atasi Banjir/Sumber: HabaAceh.id


AchehNetwork.com - Banjir yang melanda sejumlah daerah di Provinsi Aceh selama dua hari terakhir telah menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat.


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara pada Selasa (26/12) mencatat bahwa 12 kecamatan terendam banjir, menyebabkan 1.504 jiwa mengungsi di Aceh Utara dan 873 orang di Kota Lhokseumawe.


Warga setempat, seperti Hamdani dari Keude Lhoksukon, menyampaikan bahwa masalah banjir merupakan peristiwa yang terjadi setiap tahun.

"Jadi kita sangat butuh agar pemerintah pusat turun tangan, agar persoalan banjir ini tidak terjadi lagi," ungkapnya.


Dilansir dari HabaAceh.id, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Utara, Fuad Mukhtar, telah melaporkan kondisi banjir ke Dinas Sosial Provinsi Aceh dan Kementerian Sosial RI. Ia menuturkan bahwa pasokan logistik sudah habis, dan pihaknya membutuhkan dukungan lebih lanjut.

 "Semua sudah diserahkan ke korban banjir. Nanti malam ada rapat dengan pemerintah pusat soal penanganan banjir ini,” tambah Fuad.


Muhammad MTA, Juru Bicara Pemerintah Aceh, mengungkapkan bahwa Tim Pemerintah Aceh telah turun ke lokasi banjir untuk menyalurkan bantuan darurat.

"Berbagai koordinasi dengan pemerintah daerah terus kita lakukan untuk tindak lanjut penanganan banjir ini,” kata MTA.


Sebelumnya, dilaporkan bahwa banjir merendam beberapa kota di Aceh, termasuk Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Timur, Langsa, Aceh Tamiang, Aceh Singkil, dan Aceh Tenggara. Ribuan orang terpaksa mengungsi sebagai dampak dari bencana banjir tersebut.

Masyarakat Aceh mendesak pemerintah pusat untuk segera bertindak guna mengatasi dan mencegah kejadian serupa di masa mendatang.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll