24 C
id

Tim Gabungan Polisi Temukan 15 Handphone Milik Pengungsi Rohingya di Balai Meuseuraya Aceh

Rohingya
Tim Gabungan Polisi Temukan 15 Handphone Milik Pengungsi Rohingya di Balai Meuseuraya Aceh(Foto: Dok. AJNN


Banda Aceh, AchehNetwork.com - Tim gabungan personel dari Polresta Banda Aceh dan Polda Aceh berhasil menemukan 15 unit handphone yang dimiliki oleh pengungsi Rohingya dalam penggeledahan di Balai Meuseuraya Aceh (BMA), pada Rabu, 20 Desember 2023.

Kombes Joko Krisdiyanto, Kabid Humas Polda Aceh, mengonfirmasi bahwa hasil penggeledahan tersebut mengungkap temuan 15 unit handphone, di mana tiga di antaranya merupakan smartphone. 

Menurut Joko, mayoritas pemilik handphone tersebut adalah wanita dari kalangan pengungsi Rohingya.

Proses pendataan pemiliknya telah dilakukan, dan mereka akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

"Handphone yang berhasil ditemukan, beberapa di antaranya masih aktif, akan dijadikan barang bukti untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut," ujar Joko Krisdiyanto.

Dugaan sementara menyebutkan bahwa handphone yang ditemukan digunakan oleh pengungsi Rohingya untuk berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait kedatangan mereka di Aceh.

Meskipun demikian, Joko menegaskan bahwa hal ini masih perlu didalami lebih lanjut.

"Proses penggeledahan yang dilakukan oleh pihak kepolisian hanya berfokus pada barang bawaan.

Tidak ada pengungsi yang diamankan dalam penggeledahan ini. 

Terkait dengan handphone yang ditemukan, dugaan awal mengarah pada penggunaannya untuk berkomunikasi dengan pihak tertentu, namun, hal tersebut masih dalam tahap penyelidikan lebih lanjut," tambahnya.

Kepolisian terus berkoordinasi untuk mengungkap lebih lanjut potensi keterlibatan pihak-pihak tertentu yang mungkin berhubungan dengan kedatangan pengungsi Rohingya di Aceh.(*)

Sumber: AJNN

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll