24 C
id

TNI AU Gelar Operasi Mata Elang 23: Pantau Kapal Rohingya di Perairan Aceh

 

Rohingya
Kapal Rohingya


AchehNetwork.com - TNI Angkatan Udara (AU) melaksanakan Operasi Mata Elang 23 guna melakukan pemantauan terhadap keberadaan kapal Rohingya di perairan Aceh.

Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono, selaku Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda, mengungkapkan bahwa operasi tersebut melibatkan tiga unit pesawat, yaitu pesawat Boeing 737 Intai Maritim, CN 295, dan Kasa 212.


"Pengamanan, pengintaian, dan pengawasan di wilayah perairan seluruh Indonesia menjadi fokus operasi ini. Dalam dua minggu terakhir, kita fokuskan ke wilayah perairan Aceh karena terkait dengan keamanan wilayah Aceh, di mana terdeteksi beberapa pengungsi dari Rohingya," ungkap Yoyon pada Rabu (20/12).


Yoyon menegaskan bahwa operasi untuk mengamankan perairan Aceh dari pelanggaran batas wilayah difokuskan di perairan Andaman hingga perairan Sabang.

"Hasilnya sudah kita dapatkan, beberapa kapal telah terdeteksi.

Kita juga berhasil mengambil gambar dari camp-camp yang sudah ada dan melaporkannya ke komando atas untuk dianalisis dan ditindaklanjuti," jelasnya.


Dalam pemantauan tersebut, TNI AU berhasil mendeteksi sekitar lima kapal Rohingya yang berada di wilayah perairan Aceh. Kelima titik tersebut terletak di perairan wilayah Lhokseumawe, Aceh Timur, Pidie, Aceh Besar, dan Sabang.

"Semua sudah masuk ke wilayah Indonesia, termasuk dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Dari hasil pantauan kemarin, tidak ada yang masih berada di luar wilayah Indonesia," tambahnya.

"Semua kegiatan ini terfokus di wilayah timur, dan di wilayah barat tidak ditemukan hal-hal yang mencurigakan," pungkas Yoyon.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll