24 C
id

Tol Sibanceh Siap Manjakan Pemudik: Kelima Seksi Dibuka Saat Natal dan Tahun Baru!

Jalan Tol Aceh
Ilustrasi Tol Sibanceh/Pixabay.com


Banda Aceh, AchehNetwork.com - Antisipasi lonjakan arus mudik dan balik Natal 2023 serta Tahun Baru 2024, PT Hutama Karya mengumumkan kepastian pengoperasian lima seksi ruas jalan Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh).

Momen spesial ini akan disambut dengan kehadiran seksi II hingga VI yang siap dioperasikan, memastikan kelancaran perjalanan pemudik.


Branch Manager Ruas Tol Sibanceh, Totok Masyadi, memberikan informasi gembira bahwa seksi II (Seulimeum-Jantho), seksi III (Jantho-Indrapuri), seksi IV (Indrapuri-Blang Bintang), seksi V (Blang Bintang-Kuta Baro), dan Seksi VI (Kuta Baro-Baitussalam) akan beroperasi, membentang sepanjang total 48,5 km. Namun, seksi I (Seulimeum-Padang Tidji) masih dalam tahap konstruksi.


"Pengguna jalan dengan tujuan menuju Sigli diarahkan keluar di Gerbang Tol Seulimeum. Namun, bagi yang menggunakan seksi II hingga VI, siap-siap menikmati perjalanan dengan kecepatan minimal 60 km/jam dan maksimal 100 km/jam," ungkap Totok pada Rabu (13/12).


Untuk menyemarakkan momen Natal dan Tahun Baru, Hutama Karya memberikan kebijakan khusus. Seksi 5 dan 6 (Blang Bintang-Baitussalam) dapat dinikmati tanpa tarif alias gratis, walaupun pengguna jalan tetap perlu melakukan transaksi dengan kartu e-toll seperti biasa.

Sementara untuk seksi 2, 3, dan 4 (Seulimeum-Blang Bintang), tarif tetap berlaku.


Menyadari tingginya potensi lalu lintas selama musim liburan, Hutama Karya akan menyiagakan 222 petugas tol, termasuk petugas layanan tol, Polisi PJR, paramedis, dan keamanan.

Ada pula 27 kendaraan layanan tol, 22 gardu tol, serta lima titik top up di lima gerbang tol untuk memastikan pelayanan optimal kepada pengguna jalan.


Totok memperkirakan bahwa selama momen Natal hingga Tahun Baru, sekitar 89.679 kendaraan akan melintasi tol Sibanceh, dengan puncak arus mudik pada 23 Desember 2023 dan arus balik pada 1 Januari 2024.

Prediksi ini menunjukkan peningkatan 74% dari lalu lintas normal 2023 dan 41% dari lalu lintas Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.


Dengan persiapan yang matang, Hutama Karya berkomitmen memberikan pengalaman perjalanan yang nyaman dan aman bagi pemudik yang memilih Tol Sibanceh sebagai jalur utama mereka.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll