24 C
id

10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2024

Orang Terkaya
Ilustrasi/Pixabay

AchehNetwork.com - Prajogo Pangestu masih kokoh memegang posisi sebagai orang terkaya di Indonesia hingga Maret 2024. 

Menurut data dari Forbes Real Time Billionaires, kekayaannya mencapai US$42,7 miliar, setara dengan Rp671,52 triliun mengikuti kurs Rp15.726. 

Prestasinya tidak hanya terbatas di Indonesia, karena ia juga duduk di peringkat ke-28 sebagai orang terkaya di dunia.


Sumber kekayaan terbesarnya berasal dari Barito Pacific, perusahaan yang ia dirikan pada tahun 1979. Barito Pacific dikenal sebagai salah satu pemain utama di sektor petrokimia dan energi di Indonesia, bahkan menjadi salah satu raja industri perkayuan terkemuka di negara ini.


Namun, Prajogo Pangestu tidak sendirian dalam daftar orang terkaya Indonesia. Low Tuck Kwong, pemilik perusahaan tambang batu bara PT Bayan Resources, menduduki peringkat kedua dengan kekayaan mencapai US$27,2 miliar atau sekitar Rp427 triliun. 

Low juga tercatat sebagai orang terkaya ke-66 di dunia. Low lahir di Singapura, tapi kemudian pindah ke Indonesia pada tahun 1972 dan mendirikan PT Jaya Sumpiles Indonesia. 

Setahun kemudian, ia memperluas bisnisnya ke tambang batu bara dan pada tahun 1992, ia menjadi warga negara Indonesia. PT Bayan Resources didirikan pada tahun 2004 di Muara Tae, Kalimantan Timur.


Saudara Hartono, Robert Budi Hartono, dan Michael Bambang Hartono menduduki peringkat ketiga dan keempat sebagai orang terkaya di Indonesia. 

Kekayaan mereka masing-masing mencapai US$25,5 miliar (sekitar Rp401 triliun) dan US$24,5 miliar (sekitar Rp385 triliun). 

Meskipun nama mereka terkait dengan perusahaan rokok Djarum, kekayaan mereka juga berasal dari kepemilikan saham di Bank Central Asia (BCA). 

Mereka adalah pemegang saham terbesar di bank tersebut, mengendalikan sekitar 51% saham BCA.


Posisi kelima diduduki oleh Sri Prakash Lohia, dengan kekayaan mencapai US$8,3 miliar (sekitar Rp130 triliun). Lohia adalah pendiri dan ketua dari Indorama Corporation yang beroperasi di sektor petrokimia dan tekstil. 

Meskipun lahir di India, ia pindah ke Indonesia pada tahun 1973 dan mendirikan pabrik benang pintal. Perusahaan ini kemudian berkembang menjadi Indorama Corporation.


Di tingkat global, Bernard Arnault telah menggantikan Elon Musk sebagai orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai US$230,8 miliar.

 Elon Musk saat ini berada di peringkat kedua dengan kekayaan US$210,5 miliar, diikuti oleh Jeff Bezos dengan US$199,1 miliar.(*)


Sumber: Good Stats

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA