24 C
id

10 Unit Rumah Semi Permanen Hangus Terbakar di Aspol Dusun Kampong Jawa, Aceh Besar

Kebakaran Aceh Besar
10 Unit Rumah Semi Permanen Hangus Terbakar di Aspol Dusun Kampong Jawa, Aceh Besar/


AchehNetwork.com - Sebanyak sepuluh unit rumah semi permanen yang terletak di Komplek Asrama Polisi (Aspol) Dusun Kampong Jawa, Kecamatan Seulimum, Aceh Besar, dilaporkan hangus terbakar pada Minggu (17/3/2024) sekitar pukul 10.10 WIB. 

Dari keseluruhan rumah yang terbakar, hanya satu unit yang terdapat penghuninya.

Unit yang terbakar tersebut adalah milik Aiptu Hendra Syahputra Hutabarat, yang merupakan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Aceh Besar. 

Informasi terkait kebakaran ini disampaikan oleh Pusdalops BPBD Aceh Besar, Iqbal, yang menerima laporan dari Bripka Bisri Fuadi, seorang personel Polsek Seulimum.


Menurut Iqbal, rumah-rumah tersebut merupakan bangunan lama dengan konstruksi semi permanen yang terbagi di dua sisi jalan, masing-masing lima unit. 

Kebakaran pertama kali bermula dari sisi kanan jalan, yang merupakan sisi rumah yang ditinggali.


BPBD Aceh Besar segera merespons kejadian ini dengan mengerahkan enam unit armada pemadam kebakaran dari pos-pos Seulimum, Induk Sibreh, dan Jantho, didukung oleh 12 personel pemadam kebakaran. 

Namun, kondisi panas dan konstruksi rumah yang terbuat dari kayu menyebabkan api cepat menjalar ke seluruh bagian rumah.


Ketika petugas tiba di lokasi kejadian, mereka menghadapi kendala karena aliran listrik PLN masih aktif. 

Oleh karena itu, koordinasi dengan petugas PLN diperlukan untuk mematikan sementara aliran listrik agar proses pemadaman dapat dilakukan dengan aman.


"Petugas pemadam langsung berupaya keras untuk memadamkan api. Proses pemadaman dan pendinginan akhirnya berhasil dilakukan pada pukul 11.50 WIB," ungkap Iqbal.


Iqbal juga menjelaskan bahwa saat kebakaran terjadi, pemilik rumah, Aiptu Hendra, tidak berada di tempat sehingga seluruh harta bendanya, termasuk dua unit kendaraan roda dua, ikut terbakar. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Pihak kepolisian setempat saat ini sedang menyelidiki penyebab pasti dari kebakaran ini untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya dalam penanganannya.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll