24 C
id

Berikut Daftar Kekayaan 7 Presiden Indonesia, Siapa yang Paling Kaya?

Kekayan Presiden Indonesia
Presiden Indonesia/Foto: net/Kolase AchehNetwork.com


AchehNetwork.com - Indonesia, negara dengan sejarah demokrasi yang berkembang, bersiap memasuki pesta demokrasi dengan pemilihan presiden pada tahun 2024 mendatang. 

Sejak kemerdekaannya, Indonesia telah dipimpin oleh tujuh presiden yang berbeda, dari proklamator Soekarno hingga saat ini, Joko Widodo. 

Namun, selama ini, satu hal yang selalu menarik perhatian masyarakat adalah kekayaan para pemimpin negara, termasuk presiden.


1. Soekarno

Meskipun belum ada data pasti tentang kekayaan Presiden pertama RI ini, namun sebuah koran Austria, Kronen Zeitung, pada Desember 2012 pernah menyebutkan bahwa kekayaan Soekarno mencapai US$ 180 miliar yang tersimpan di sebuah bunker di Union Bank of Switzerland (UBS).


2. Soeharto

Setelah Soeharto lengser, The United States Treasury mencatat adanya perpindahan uang mencapai US$ 9 miliar ke bank di Austria pada tahun 1998. 

Namun, angka tersebut diyakini hanya sebagian kecil dari total kekayaan Soeharto yang diperkirakan mencapai US$ 15 miliar menurut lembaga keuangan internasional, Time Warner Inc.


3. B.J. Habibie

Meskipun tidak ada data pasti, media cetak Asia, Far Eastern Economic Review, pernah melaporkan bahwa kekayaan BJ Habibie mencapai US$ 60 juta. 

Kekayaan ini didapat dari hak kekayaan intelektual atas sejumlah penemuan di bidang teknologi dan bisnis di sektor tersebut. 

Anak-anaknya juga tercatat memiliki kekayaan mencapai US$ 250 juta dari bisnis keluarga.


4. Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2001, kekayaan Gus Dur mencapai Rp 3,49 miliar, yang berasal dari aset seperti tanah, bangunan, transportasi, logam mulia, surat berharga, serta giro dan kas.


5. Megawati Soekarnoputri

Megawati memiliki kekayaan sekitar Rp 96,16 miliar berdasarkan LHKPN tahun 2014. 

Hartanya terdiri dari tanah, bangunan, transportasi, surat berharga, serta giro dan kas.


6. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Menurut LHKPN tahun 2014, kekayaan SBY mencapai Rp 13,98 miliar, yang berasal dari aset seperti tanah, bangunan, transportasi, serta giro dan kas.


7. Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi dilaporkan memiliki kekayaan sekitar Rp 50,24 miliar berdasarkan LHKPN. 

Hartanya terdiri dari tanah, kendaraan, serta aset bergerak lainnya, sementara ia juga memiliki catatan utang sebesar Rp 1,19 miliar.


Dengan begitu banyaknya perdebatan dan kekhawatiran tentang kekayaan para pemimpin negara, pertanyaan tentang bagaimana kekayaan tersebut terkait dengan kinerja mereka sebagai pemimpin tetap menjadi sorotan yang relevan dalam pesta demokrasi mendatang.(*)/

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

REKOMENDASI UNTUK ANDA