24 C
id

Pacuan Kuda Tradisional Gayo: Puncak Kemeriahan Pesta Rakyat di Dataran Tinggi Gayo

Pacuan Kuda Gayo
Pacuan Kuda Tradisional Gayo/Foto: TravelKompas

AchehNetwork.com - Di Kabupaten Aceh Tengah, terhampar sebuah kota yang disebut Takengon, yang dikenal dengan berbagai julukan seperti "Negeri Diatas Awan", "Dataran Tinggi Tanoh Gayo", dan "Negeri Antara". 

Kota ini menjadi pusat perayaan tahunan yang sangat dinantikan, yakni Pesta Rakyat Gayo, yang memamerkan kegiatan pacuan kuda tradisional gayo. 

Tanpa perlu dipromosikan secara khusus atau diarahkan, masyarakat yang tinggal di dataran tinggi Tanoh Gayo secara bersama-sama turun ke Kota Takengon pada waktu perayaan tersebut.


Pesta Rakyat Gayo dengan pacuan kuda tradisionalnya berlangsung selama seminggu penuh. 

Bagi penduduk yang sehari-harinya sibuk mengurus ladang-ladang sebagai mata pencaharian, ini adalah waktu untuk bersantai dan menikmati hiburan tahunan mereka.

Yang menarik, kuda-kuda yang berlari dalam pacuan ini juga merupakan kuda yang biasa digunakan untuk membajak sawah.


Lokasi pacuan kuda dipilih di Gelenggang Musara Alun, yang terletak di tengah Kota Takengon, ibukota Kabupaten Aceh Tengah. 

Lintasan yang digunakan terlihat sangat menantang, hanya dibatasi oleh rotan. Pacuan kuda tradisional gayo adalah bagian tak terpisahkan dari perayaan tahunan ini, yang sekaligus menjadi bagian dari peringatan hari ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Minat dan perhatian masyarakat sepenuhnya tertuju pada acara ini, sehingga tak lengkap rasanya jika mereka melewatkan peristiwa ini. Ini adalah sebuah Pesta Rakyat Gayo yang tak boleh dilewatkan!(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll