24 C
id

Sepanjang 21,4 km, Jalur Kereta Api Terpendek di Indonesia ini Dilalui Oleh Satu Kereta Api Saja, Ternyata Hanya Ada di Aceh..

Kereta Api Aceh
Kereta Api Cut Meutia/Foto via Wikipedia



AchehNetwork.com - Aceh, sebuah provinsi yang kaya akan sejarah dan keindahan alamnya, menyimpan sebuah rute kereta api yang unik.

Jalur kereta api terpendek di Indonesia hanya ada di Provinsi Aceh, dan melintasi 5 Stasiun ini dengan satu-satunya kereta api, yakni Kereta Api Cut Meutia.

Kereta Api Cut Meutia, sebelumnya dikenal sebagai Kereta Api Perintis Aceh, menghubungkan Stasiun Krueng Geukueh— Stasiun Kutablang.

Layanan ini menggunakan Kereta Rel Diesel Indonesia (KRDI) buatan PT Inka. 

Perjalanan perdana dilakukan pada 1 Desember 2013 dengan kesempatan bagi masyarakat untuk menaiki kereta ini secara gratis selama sebulan.

Dengan jarak hanya 21,4 km, jalur ini merupakan salah satu yang terpendek di Indonesia.

Meskipun sempat berhenti beroperasi pada Juli 2014 karena minimnya penumpang, pada 3 November 2016, KA Perintis Aceh kembali beroperasi dengan nama baru, KA Cut Meutia.

Nama ini diambil dari sosok pahlawan Aceh, Cut Nyak Meutia, sebagai bentuk penghormatan terhadap sejarah daerah tersebut.

Perjalanan KA Cut Meutia kembali diresmikan di Stasiun Krueng Mane dengan rute Krueng Mane–Bungkaih–Krueng Geukueh, mencakup jarak 11,3 kilometer.

Namun, pada 1 Juni 2023, rutenya diperpanjang hingga Kutablang, sehingga total jarak yang ditempuh mencapai 21,4 kilometer.

Dengan kapasitas maksimal 192 penumpang dan waktu tempuh 32 menit, KA Cut Meutia menjadi pilihan transportasi yang nyaman dan efisien bagi masyarakat setempat.

Tiket dapat diperoleh dengan harga terjangkau, hanya Rp2.000,00, membuatnya menjadi alternatif yang menarik untuk perjalanan dalam jarak pendek di Aceh.(*)/

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll