24 C
id

Tim SAR Kembali Evakuasi Mayat Rohingya yang Terapung di Perairan Aceh Jaya

Pengungsi Rohingya
Tim SAR evakuasi jenazah Rohingya yang terapung di laut Aceh Jaya/Ist


AchehNetwork.com - Tim Search and Rescue (SAR) Gabungan kembali dihadapkan dengan pemandangan menyedihkan saat mereka mengevakuasi satu mayat laki-laki yang diduga merupakan warga etnis Rohingya. 

Mayat tersebut ditemukan mengapung di kawasan Pantai Batee Tutong, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, pada hari Minggu, 24 Maret 2024, sekitar pukul 16.13 WIB.

Kepala Pos SAR Meulaboh, Juanda Sodo, menyampaikan bahwa mayat tersebut ditemukan sekitar 13 mil dari bibir Pantai Bate Tutong. 

"Kita kembali mengevakuasi satu mayat berjenis kelamin laki-laki di perairan laut Aceh Jaya," ujarnya dengan nada sedih.

Informasi yang diterima pihak SAR mengindikasikan bahwa masih ada mayat lain yang mengapung di perairan laut Aceh Jaya. 

"Kita saat ini sedang melakukan penyisiran kembali, menurut informasi nelayan masih ada mayat yang mengapung belum ditemukan oleh Tim SAR," ungkap Juanda.

Sebelumnya, pada hari Sabtu, 23 Maret 2024, Tim SAR Gabungan telah menemukan tiga mayat yang diduga merupakan warga etnis Rohingya, terapung di Perairan Calang, Aceh Jaya. 

Ketiga mayat tersebut diduga merupakan korban kapal tenggelam di perairan Kecamatan Samatiga, Aceh Barat, pada Rabu, 20 Maret 2024. 

Dua di antaranya berjenis kelamin perempuan dengan perkiraan usia sekitar 35 tahun dan 40 tahun, sementara satu lagi berjenis kelamin laki-laki dengan perkiraan usia sekitar 14 tahun.

Kepala Basarnas Banda Aceh, Al Hussain, menjelaskan bahwa pihaknya pertama kali mendapat laporan dari nelayan setempat yang melihat mayat mengapung di Perairan Calang sekitar pukul 12.15 WIB. 

"Sekitar pukul 15.15 WIB, Tim SAR Meulaboh bersama Potensi SAR tiba di lokasi dan melakukan operasi pencarian," terang Hussain. 

Tim berhasil menemukan dua mayat perempuan berjarak sekitar 4 Nm dari Perairan Pantai Rigaih, Calang, sekitar pukul 16.00 WIB, yang langsung dievakuasi ke RSUD Teuku Umar Calang. 

Beberapa jam kemudian, sekitar pukul 18.20 WIB, tim kembali menemukan satu mayat laki-laki berjarak sekitar 6 Nm dari lokasi yang sama, yang juga dievakuasi ke rumah sakit.

Hingga saat ini, total empat mayat warga Rohingya telah berhasil dievakuasi. 

Tiga korban telah dimakamkan di lokasi pemakaman Desa Keutapang, Kecamatan Krueng Sabee, pada Sabtu malam.

 Tragedi ini menyoroti kembali kompleksitas tantangan kemanusiaan yang masih dihadapi oleh para pengungsi Rohingya, serta keberanian Tim SAR dalam menanggapi panggilan bantuan di tengah laut yang ganas.(*)
Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

REKOMENDASI UNTUK ANDA