24 C
id

Tips Mengatasi Masalah Ghost Touch pada Layar Hp Android Anda

Ghost Touch
Ilustrasi/

AchehNetwork.com  - Ponsel pintar atau yang dikenal sebagai smartphone dengan layar sentuh telah menjadi perangkat yang umum digunakan di berbagai belahan dunia, dan seiring perkembangan teknologi, kualitas bahan yang digunakan untuk membuatnya semakin meningkat.


Namun, walaupun begitu, masih banyak ponsel cerdas saat ini yang mengalami masalah yang cukup mengganggu yang dikenal dengan istilah ghost touch atau “sentuhan hantu”.


Ghost touch adalah gangguan pada layar sentuh smartphone yang membuat layar merespons pada penekanan yang sebenarnya tidak dilakukan oleh pengguna, atau terjadi ketika ada bagian layar ponsel yang sama sekali tidak merespons terhadap sentuhan.

Beberapa perangkat yang terkenal rentan terhadap masalah ghost touch antara lain Motorola Moto G4 Plus lama, dan beberapa model Apple iPhone, seperti iPhone X, iPhone 11, dan seri iPhone 12.

Jika Anda mengalami masalah ghost touch, mungkin masalahnya bukan hanya pada perangkat lunaknya, dan dalam kasus yang lebih parah, ini adalah masalah perangkat keras pada layar.

Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan masalah ghost touch, termasuk kerusakan akibat air atau kotoran di bawah pelindung layar, serta faktor eksternal seperti penggunaan pengisi daya palsu.

Meskipun tidak ada cara perbaikan yang pasti untuk masalah ini, terdapat beberapa langkah sederhana yang bisa dicoba pengguna untuk mengatasi ghost touch sebelum membawa ponsel ke tukang servis.

Pertama, cobalah untuk mencabut kabel pengisi daya. Kadang-kadang, masalah ghost touch terjadi saat ponsel diisi daya menggunakan pengisi daya kabel yang tidak sesuai atau berkualitas rendah.

Ganti pengisi daya dengan yang baru atau yang lebih baik untuk melihat apakah masalahnya teratasi.


Selanjutnya, pastikan untuk mematikan aplikasi lain yang sedang berjalan. Menjalankan banyak aplikasi sekaligus dapat menyebabkan masalah ghost touch, jadi mematikan aplikasi yang tidak digunakan adalah langkah yang baik.

Jika masalahnya masih berlanjut, coba lepaskan pelindung layar. Pelindung layar yang kotor atau berkualitas rendah dapat memengaruhi sensitivitas layar sentuh. 

Membersihkan layar secara menyeluruh dan mengganti pelindung layar dengan yang berkualitas baik dapat membantu mengatasi masalah ini.


Terakhir, bersihkan layar secara menyeluruh dengan kain lembut. Noda atau penumpukan debu pada layar dapat menyebabkan masalah ghost touch, jadi pastikan untuk membersihkan layar secara rutin.

Jika semua langkah tersebut tidak berhasil, maka disarankan untuk membawa ponsel ke tukang servis untuk diperiksa lebih lanjut.(*)

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA