24 C
id

5 Negara yang Punya Cadangan Minyak Terbesar di Dunia

Negara cadangan minyak terbesar
Ilustrasi / pixabay


AchehNetwork.com - Harga minyak belakangan ini sedang dalam gejolak yang disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari geopolitik hingga masalah pasokan. 

Menurut laporan dari Reuters, harga minyak masih berada di sekitar US$89 per barel karena terjadi penurunan tajam dalam pasokan di Amerika Serikat serta kekhawatiran atas gangguan pasokan akibat konflik di Timur Tengah.

Pada pekan lalu, persediaan minyak mentah di Amerika Serikat mengalami penurunan yang tidak terduga seiring dengan meningkatnya ekspor. 

Sementara itu, konflik di Timur Tengah, khususnya serangan udara yang dilakukan oleh Israel di Rafah, juga memunculkan kekhawatiran terhadap pasokan minyak meskipun belum terjadi dampak yang signifikan.

Meskipun pasokan minyak dari Timur Tengah seringkali dianggap memegang peranan penting dalam pasar minyak global, fakta menunjukkan bahwa cadangan minyak terbesar di dunia sebenarnya tidak berada di kawasan tersebut. 

Berdasarkan data dari OPEC, berikut adalah 5 negara dengan cadangan minyak terbesar di dunia:


1. Venezuela - Total Cadangan Minyak Terbukti 2022: 303,22 miliar barel

Meskipun Venezuela memiliki cadangan minyak terbesar di dunia, pemerintahannya menghadapi kendala dalam memanfaatkan kekayaan minyak tersebut. 

Sanksi dari Amerika Serikat, krisis ekonomi, dan masalah administratif menjadi beberapa faktor yang menghambat pemanfaatan sumber daya tersebut.


2. Arab Saudi - Total Cadangan Minyak Terbukti 2022: 267,19 miliar barel

Arab Saudi merupakan rumah bagi sekitar 17% dari cadangan minyak dunia. 

Dikelola oleh Saudi Aramco, negara ini memiliki ladang minyak konvensional darat terbesar (Ghawar) dan ladang minyak lepas pantai terbesar (Safaniah) di dunia. 

Saudi Aramco mencatatkan pendapatan dan laba yang besar pada tahun 2022, didorong oleh kenaikan harga energi dan permintaan global yang meningkat.


3. Iran - Total Cadangan Minyak Terbukti 2022: 208,6 miliar barel

Iran memiliki cadangan minyak yang signifikan, tetapi menghadapi tantangan dalam mempertahankan produksi minyaknya. 

Subsidi besar-besaran telah mempertahankan harga bensin rendah, namun kesenjangan antara pasokan dan permintaan semakin melebar, memaksa pemerintah untuk mengimpor bensin.


4. Irak - Total Cadangan Minyak Terbukti 2022: 145,01 miliar barel

Irak adalah produsen minyak mentah terbesar kedua di OPEC setelah Arab Saudi. 

Cadangan minyaknya terletak di ladang-ladang darat, terutama di wilayah Basra, Diyala, dan Kirkuk. 

Nilai pasar sumber daya alam Irak diperkirakan mencapai triliunan dolar.

5. Uni Emirat Arab - Total Cadangan Minyak Terbukti pada 2022: 113 miliar barel

Uni Emirat Arab memiliki cadangan minyak yang signifikan di Abu Dhabi. 

ADNOC berencana untuk meningkatkan kapasitas produksi minyaknya menjadi 5 juta barel per hari pada 2027 dengan menginvestasikan US$150 miliar dalam eksplorasi dan pengembangan.

Selain kelima negara tersebut, masih ada 10 negara lainnya dengan cadangan minyak besar di dunia, termasuk Kuwait, Rusia, Amerika Serikat, Libya, Nigeria, Kazakhstan, China, Qatar, Brazil, dan Aljazair.

Hal ini menunjukkan kompleksitas pasar minyak global dan pentingnya peran berbagai negara dalam menjaga keseimbangan pasokan dan permintaan.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya