24 C
id

Ashgabat, Kota Paling Putih di Dunia yang Terletak di Tengah Gurun Turkmenistan, Kota Ini Hanya Boleh Dilintasi Kenderaan Berwarna Putih

Ashgabat
Ashgabat kota paling putih di dunia/

AchehNetwork.com - Ashgabat, ibu kota yang gemerlap di negara Turkmenistan, telah mencuri perhatian dunia dengan pesonanya yang memukau. 

Dengan ratusan gedung mewah yang memancarkan kemewahan dari lapisan marmer putihnya, kota ini membenamkan dirinya dalam gelar yang tak diragukan lagi: "The City Of White Marble" atau Kota Marmer Putih.

Tak kurang dari 543 bangunan di Ashgabat telah dibangun atau dilapisi dengan marmer putih, menciptakan panorama yang memesona bagi siapa pun yang melihatnya. 

Untuk mempertahankan konsep Kota Putih ini, peraturan ketat diberlakukan. 

Hanya kendaraan berwarna putih dan perak yang diizinkan melintas di jantung kota. 

Maka tak mengherankan jika kita hanya akan melihat deretan mobil berwarna putih atau perak melintas di sepanjang jalanan kota ini.

Ashgabat, dulunya dikenal sebagai Poltoratsk, bukanlah sekadar ibu kota Turkmenistan. 

Terletak di antara Gurun Karakum dan pegunungan Kopetdag di Asia Tengah, berdekatan dengan perbatasan Iran, kota ini memiliki sejarah yang kaya. 

Nama "Ashgabat" sendiri diambil dari bahasa Persia, dengan "Eshg" yang berarti cinta dan "Abad" yang artinya kota.

Awalnya hanya sebuah kampung kecil yang didirikan oleh Rusia pada tahun 1818, Ashgabat tumbuh dan berkembang seiring waktu. 

Pendiri aslinya adalah para tentara Rusia yang mendirikan sebuah benteng untuk melindungi perbatasan dari pengaruh Inggris di Persia, khususnya ketika mereka akan mendarat di Krasnovodsk, yang kini dikenal sebagai Turkmenbasy.

Dengan berakhirnya era Uni Soviet pada tahun 1991, Turkmenistan merdeka, dan Ashgabat menjadi ibu kota resmi negara ini. 

Sejak saat itu, kota ini telah mengalami kemajuan dan industrialisasi yang pesat, menjadikannya tidak hanya sebagai pusat politik dan administratif, tetapi juga sebagai ikon kemegahan dan kemajuan di Asia Tengah.

Ashgabat, dengan keindahan arsitektur dan kebijakan yang unik, terus memikat pengunjung dari seluruh penjuru dunia. 

Dari bangunan-bangunan megah hingga jalan-jalan yang dipenuhi oleh mobil berwarna putih dan perak, kota ini tak henti-hentinya memperlihatkan pesonanya yang tiada tanding. 

Sebuah kota yang memadukan kemewahan dengan sejarah, Ashgabat tetap menjadi destinasi yang tak terlupakan bagi siapa pun yang beruntung mengunjunginya.(*)/

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya