24 C
id

Kejari Aceh Timur Musnahkan 1,5 Juta Batang Rokok Ilegal dan 75 Kilogram Ganja

Rokok ilegal
Kejari Aceh Timur Musnahkan 1,5 Juta Batang Rokok Ilegal dan 75 Kilogram Ganja/


AchehNetwork.com – Kejaksaan Negeri Aceh Timur melalui Bidang Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan (PB3R) melakukan pemusnahan barang bukti sebanyak 1.496.161 batang rokok ilegal dan 75 kilogram ganja. 

Pemusnahan ini dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Syariat Islam Aceh Timur.

Barang bukti tersebut telah memiliki kekuatan hukum tetap dalam perkara tindak pidana umum yang ditangani oleh Kejaksaan Negeri Aceh Timur pada tahun 2024. 

Proses pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar dalam bak kontainer sampah.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Aceh Timur, Dr. Lukman Hakim SH MH, menyatakan bahwa pemusnahan barang bukti hasil tindak pidana umum dan khusus merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh pihak kejaksaan. 

“Langkah pemusnahan ini merupakan bagian dari eksekusi proses peradilan pidana yang bervariasi tergantung pada amar putusan pengadilan,” ujarnya.

Kajari menjelaskan bahwa barang bukti dapat dikembalikan kepada korban, dirampas oleh negara untuk dilelang, atau dimusnahkan sesuai dengan keputusan pengadilan. 

Pemusnahan barang bukti ini merupakan langkah proaktif untuk menghindari penyimpangan atau penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

"Ini adalah komitmen kami dalam menjalankan tugas penegakan hukum dengan penuh tanggung jawab kepada masyarakat," tambahnya. 

Ia juga berharap agar masyarakat bersama-sama menjaga dan memberantas ancaman narkotika dan rokok ilegal demi keamanan dan kesejahteraan bersama di Aceh Timur.

Pj Bupati Aceh Timur, Ir. Mahyuddin, turut memberikan dukungan terhadap pemberantasan peredaran rokok ilegal dan penyalahgunaan narkotika. 

Ia menekankan pentingnya pemusnahan narkoba sebagai langkah preventif dan edukatif.

 “Faktanya, narkotika saat ini sudah masuk ke kalangan pelajar. Pemusnahan narkoba ini penting dilakukan sebagai pelajaran bahwa narkotika adalah masalah yang harus segera diselesaikan,” ujarnya.

Pj Bupati juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga generasi penerus, mengingat mereka adalah masa depan Aceh Timur yang lebih baik.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya