24 C
id

Nikmati Sensasi Kupi Khop dengan Gelas Terbalik: Cara Unik Menyajikan Kopi di Aceh

Kupi Khop
Kupi Khop Aceh


AchehNetwork.com - Bagi para pecinta kopi yang mencari pengalaman yang tak biasa, kunjungan ke Aceh di Pulau Sumatera bisa menjadi pilihan yang menarik. 


Kota yang dikenal dengan julukan Kota Serambi Mekah ini menyuguhkan pengalaman unik dalam menikmati kopi, yaitu Kopi Khop - sebuah inovasi kopi yang disajikan dengan gelas terbalik.


Kopi Khop bukan sekadar minuman kopi biasa. Saat disajikan, gelasnya ditempatkan dalam posisi terbalik di atas sebuah piring kecil, sementara bagian bawah gelas menjadi bagian atasnya, dengan bantuan tatakan gelas sebagai penutupnya. 

Untuk meminumnya, ada sedotan yang dijepit di antara gelas untuk membantu menyedot kopi.


Namun, cara menikmati Kopi Khop tidak selalu harus dengan sedotan. Sebagian orang memilih untuk meminumnya dengan cara mengangkat piring kecil yang menjadi tatakan gelas. 

Gelar dan tatakan tersebut dipisahkan secara perlahan-lahan, sementara kita menikmati dan meminum kopi melalui bagian bawah gelas yang berada di atas.


Bagi yang memilih untuk menggunakan sedotan, ada sedikit ritual yang harus diikuti. Pertama-tama, kopi perlu ditiup terlebih dahulu sehingga cairannya merembes keluar dari gelas. 

Setelah cukup banyak kopi yang keluar, baru kemudian kita dapat menyedotnya. 

Meskipun unik, cara ini mungkin terasa sedikit rumit bagi mereka yang tidak terbiasa.


Kopi Khop adalah minuman khas Meulaboh, Aceh Barat. Cara penyajiannya yang unik ini memiliki sejarahnya sendiri. 

Tradisi ini berawal dari kebiasaan masyarakat pesisir Barat Aceh, terutama di Meulaboh, yang sering meminum kopi dalam waktu yang cukup lama sambil bersosialisasi. 

Namun, mereka biasanya hanya meminum beberapa teguk kopi sebelum berangkat bekerja di laut. Untuk menjaga agar kopi tetap hangat, mereka menyajikannya dengan gelas terbalik. 

Selain itu, penyajian ini juga membantu melindungi kopi dari debu dan kotoran.


Jadi, jika Anda ingin merasakan pengalaman unik dalam menikmati kopi, jangan ragu untuk mencicipi Kopi Khop ketika berkunjung ke Aceh. 

Rasakan sensasi yang berbeda dan nikmati kekayaan budaya dan tradisi kopi yang unik dari tanah Aceh.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya