24 C
id

13 Fakta Menarik Tentang Negara Bosnia dan Herzegovina, Negara dengan Populasi Muslim Terbesar di Eropa Ini Dipimpin 3 Orang Presiden

Fakta Negara Bosnia, Keunikan Bosnia
(Foto: Pixabay.com)


AchehNetwork.com - Bosnia dan Herzegovina, sebuah negara yang terletak di bagian tenggara benua Eropa, menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan serta warisan budaya yang kaya. 


Berbatasan langsung dengan Kroasia, Serbia, dan Montenegro, negara ini memiliki luas wilayah sebesar 51.229 km persegi dengan populasi lebih dari 3 juta jiwa. 

Berikut ini adalah fakta-fakta unik yang menjadikan Bosnia dan Herzegovina begitu menarik:


Fakta-Fakta Menarik tentang Bosnia dan Herzegovina


1. Nama yang Unik: Nama Bosnia dan Herzegovina memang terdengar unik dan khas, mencerminkan dua wilayah utama dalam negara ini.

2. Mayoritas Muslim: Bosnia dan Herzegovina termasuk negara dengan populasi Muslim terbesar di Eropa, memberikan nuansa keagamaan yang berbeda di benua ini.

3. Tiga Bahasa Resmi: Negara ini memiliki tiga bahasa resmi yaitu Bosnia, Serbia, dan Kroasia, menunjukkan keragaman budaya dan etnis yang ada.

4. Mata Uang Mark Bosnia: Mata uang resmi negara ini adalah Mark Bosnia-Herzegovina (BAM), dengan nilai tukar 1 Mark sekitar 8.677 rupiah pada tahun 2023.

5. Upah Minimum: Berdasarkan laporan WageIndicator.org, upah minimum di Bosnia pada tahun 2023 adalah BAM 596 atau sekitar 5 juta rupiah per bulan.

6. Isu Etnis Sensitif: Isu ras dan etnis masih menjadi topik sensitif di negara ini, akibat dampak perang saudara yang pernah terjadi.

7. Dua Negara Federasi: Bosnia dan Herzegovina terdiri dari dua entitas federasi, yaitu Federasi Bosnia dan Herzegovina serta Republik Srpska.

8. Tiga Presiden: Negara ini memiliki tiga presiden yang masing-masing mewakili etnis terbesar, yaitu Bosnia, Kroasia, dan Serbia.

9. Perwakilan Uni Eropa: Dalam situasi di mana presiden tidak mencapai kesepakatan, Perwakilan Tertinggi dari Uni Eropa turut campur untuk membantu pengambilan keputusan.

10. Struktur Pemerintahan Ganda: Masing-masing entitas federasi, yaitu Federasi Bosnia dan Herzegovina dan Republik Srpska, memiliki presiden dan perdana menteri sendiri.

11. Kota Neum: Satu-satunya kota di Bosnia dan Herzegovina yang terletak di tepi laut adalah Neum, yang menawarkan pemandangan pantai yang indah.

12. Masjid Pasca Perang: Jumlah masjid di negara ini berkurang dari 1.149 sebelum perang saudara menjadi 818 setelah perang.

13. Garis Pantai Terpendek: Bosnia dan Herzegovina memiliki garis pantai terpendek di dunia, hanya sepanjang 20 km.


Sejarah Konflik dan Perdamaian


Bosnia dan Herzegovina memiliki sejarah yang penuh gejolak. 

Pada 13 Maret 1992, ketika negara ini hendak mendeklarasikan kemerdekaannya, warga Serbia menolak dan memicu perang saudara yang berlangsung dari tahun 1992 hingga 1995. 

Perang tersebut meninggalkan luka mendalam bagi rakyat Bosnia, namun berakhir dengan penandatanganan perjanjian damai pada tahun 1995.




Bosnia dan Herzegovina bukan hanya sekadar negara dengan sejarah konflik, tetapi juga tempat dengan keindahan alam yang memukau, budaya yang kaya, dan masyarakat yang penuh semangat. 

Negara ini menawarkan banyak hal untuk dijelajahi dan dipahami, menjadikannya tujuan yang menarik di Eropa Tenggara.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya