24 C
id

Jelajahi Keindahan dan Legenda Danau Napangga di Riau: Berikut 2 Rekomendasi Tempat Penginapan Terbaik di Rokan Hilir Riau

Danau Napangga, Rokan Hilir, Wisata Riau
Danau Napangga/


AchehNetwork.com — Indonesia, dengan kekayaan alamnya yang melimpah, memiliki ratusan danau yang tersebar di berbagai provinsi. 


Dua di antaranya, Danau Napangga dan Danau Bingkuang, berada di Provinsi Riau. 

Kedua danau ini menawarkan panorama yang memukau, namun kali ini, mari kita fokus pada keajaiban Danau Napangga.


Pesona dan Legenda Danau Napangga


Terletak di Desa Tanjung Medan, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Danau Napangga merupakan sebuah surga tersembunyi yang belum banyak dikenal. 

Untuk mencapai desa ini, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 4 jam (172 km) dari ibu kota kabupaten. Jika berangkat dari Kota Pekanbaru, perjalanan memakan waktu sekitar 7 jam dengan transportasi darat.


Danau ini tidak hanya memikat mata dengan keindahan alamnya, tetapi juga menyimpan sebuah legenda yang diwariskan dari generasi ke generasi. 

Konon, Danau Napangga adalah tempat persinggahan dan peristirahatan raja dan permaisuri pada zaman dahulu. 

Legenda ini menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.


Keunikan Danau Napangga


Sebagai danau alami, Danau Napangga menjadi habitat bagi ikan arwana yang bernilai tinggi dan banyak diminati oleh penggemar ikan hias dari seluruh dunia. 

Selain itu, danau ini juga memiliki sumber air panas yang menawarkan pengalaman unik bagi pengunjung.

Danau dengan luas sekitar 500 hektar ini masuk dalam nominasi Desa Wisata pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024. 

Hal ini menjadikannya salah satu destinasi wisata unggulan di Riau. 

Wisatawan dapat menikmati berbagai aktivitas menarik seperti berkeliling danau dengan perahu, memancing, mandi di pantai musiman, dan berfoto di spot-spot yang Instagramable.



Aktivitas Wisata di Danau Napangga


Salah satu daya tarik utama Danau Napangga adalah fenomena unik yang terjadi saat musim kemarau. 

Air danau yang surut membentuk garis "pantai", menciptakan lokasi ideal untuk berwisata. 

Pengunjung dapat menyewa perahu untuk menjelajahi danau, menikmati pemandangan indah, dan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan.

Desa Wisata Danau Napangga juga menawarkan kesempatan untuk melihat kehidupan buaya codot, menambah keunikan pengalaman wisata. 

Dengan harga tiket paket wisata keliling danau hanya Rp 25.000 per orang, ini menjadi pilihan yang terjangkau dan menarik.



Akomodasi di Sekitar Danau Napangga


Untuk mendukung kenyamanan wisatawan, terdapat beberapa hotel di sekitar kawasan Danau Napangga yang menawarkan fasilitas lengkap:


1. Hotel Bintang Mulia

 
  • Alamat: Jl. Jenderal Sudirman No.360, Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.
  • Harga Kamar: Mulai dari Rp 390.000 per malam.
  • Fasilitas: Tempat parkir gratis, kamar ber-AC, Wi-Fi gratis, restoran, sarapan gratis, resepsionis 24 jam, penyimpanan bagasi.



2. Bagan Sinembah Bagan Batu


  • Alamat: Jl. Jenderal Sudirman, Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Telp: 0812-7182-5433.
  • Harga Kamar: Mulai dari Rp 408.000 per malam.
  • Fasilitas: Kolam renang, Wi-Fi gratis, tempat parkir gratis, kamar ber-AC, restoran, layanan resepsionis 24 jam, layanan penatu lengkap.


Dengan berbagai keindahan alam, legenda menarik, dan fasilitas yang memadai, Danau Napangga merupakan destinasi wisata yang layak dikunjungi saat berada di Riau. 

Keindahan dan pesona yang ditawarkan menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya