24 C
id

Penyebab Pemadaman Listrik di Aceh Dijelaskan oleh PLN

Listrik mati, pemadaman listrik Aceh
Penyebab Pemadaman Listrik di Aceh Dijelaskan oleh PLN/


AchehNetwork.com - Pemadaman listrik yang melanda Aceh sejak Senin (3/6/2024) hingga hari ini disebabkan oleh gangguan transmisi akibat sambaran petir. Penjelasan ini disampaikan oleh Lukman Hakim, Manajer Komunikasi dan TJSL PLN Unit Induk Distribusi (UID) Aceh.

Menurut Lukman, gangguan tersebut terjadi di jalur transmisi dari Langsa ke Idi Rayeuk, Aceh Timur, yang menyebabkan sistem kelistrikan di seluruh Aceh mengalami pemadaman. 

"Gangguan ini terjadi sejak dini hari Senin, mengakibatkan sistem kelistrikan di Aceh down," kata Lukman kepada wartawan di Banda Aceh, Rabu (5/6/2024).

Ia menambahkan, dampak dari gangguan tersebut membuat pembangkit listrik utama di PLTU Nagan Raya tidak bisa beroperasi dan masuk ke dalam sistem. 

Selain itu, gangguan juga terjadi pada jalur transmisi SUTET antara Lahat hingga Lubuk Linggau di Provinsi Sumatera Selatan, yang berimbas hampir ke seluruh wilayah Sumatera.

"Hingga hari ini, PLTU Nagan Raya belum bisa masuk ke dalam sistem karena membutuhkan suntikan tegangan dari sistem yang ada," jelas Lukman.

Sebagian wilayah Aceh saat ini mendapatkan suplai listrik dari sistem di Aron dan Sumatera bagian utara. 

Namun, kondisi kelistrikan di Aceh belum sepenuhnya normal karena beberapa pembangkit listrik di Sumatera belum terhubung kembali ke sistem.

"Salah satu pembangkit yang belum bisa masuk ke sistem adalah PLTU Nagan Raya. Akibatnya, sistem belum mampu menyuplai seluruh kebutuhan listrik," tambahnya.

Lukman menjelaskan bahwa pembangkit di Nagan Raya membutuhkan suntikan tegangan agar bisa beroperasi dan terhubung ke sistem kelistrikan.

 "Insya Allah, jika pembangkit di Nagan sudah beroperasi normal, listrik di Aceh akan kembali stabil. Kami berharap kondisi ini segera normal, karena kita masih menunggu pemulihan sistem di selatan," pungkasnya.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya