24 C
id

Fakta Unik Tentang Suku Terbesar di Thailand 

Suku Terbesar
Ilustrasi Fakta Unik Tentang Suku Terbesar di Thailand (source unsplash)
ACHEHNETWORK.COM - Kelompok etnis terbesar di Thailand adalah suku Thai. Suku ini memiliki beberapa keunikan tersendiri yang membedakannya dengan suku lain di wilayah Thailand. Thailand dikenal sebagai salah satu negara di Asia Tenggara dan tergolong sebagai negara industri. Sama seperti Indonesia, Thailand adalah negara yang mengikuti budaya dan tradisi. Oleh karena itu tidak mengherankan jika suku-suku Thailand mampu bertahan dalam waktu yang sangat lama bahkan hingga saat ini. Suku Thailand yang merupakan suku terbesar di negeri gajah putih ini memiliki banyak fakta unik yang sangat menarik untuk diketahui. Apa fakta-fakta ini? Mari kita lihat review dari item ini.


Fakta unik tentang suku Thailand

Thailand merupakan negara agraris terpenting di Asia Tenggara, mengutip buku Social Sciences 3 karya Ratna Sukmayan (2008). Berikut adalah beberapa fakta unik tentang suku terbesar di Thailand:


1. Mencakup 36 persen populasi

Orang Thailand adalah kelompok etnis terbesar di Thailand. Suku ini terdiri dari 36 persen populasi Thailand. Jika melihat sejarah, suku Thailand Tengah mendominasi dunia bisnis, pemerintahan, dan budaya.

Meskipun suku Thai selatan dan Thai utara membentuk sekitar 8 persen dari total populasi Thailand. Selain etnis inti Thailand, ada juga etnis Tionghoa di Thailand yang jumlahnya sekitar 6-14 persen dari populasi. Etnis Tionghoa memainkan peran kunci dalam perekonomian Thailand. Etnis Tionghoa menikah dengan suku Thai.


2. Bahasa Suku Thailand

Orang Thailand menggunakan bahasa Tai Kadai untuk berkomunikasi setiap hari. Tai Kadai sendiri merupakan rumpun bahasa yang dituturkan oleh masyarakat Tiongkok selatan, beberapa negara Asia Tenggara, dan India timur laut. 3. Nama suku Thai dikuasai unsur politik

Mengapa suku Thailand mendapatkan nama ini? Ini karena istilah Thai mengacu pada unsur politik yang menunjukkan identitas Thai yang lebih modern. Dalam hal ini, wilayah tersebut menyatukan berbagai suku dan budaya.


3. Nama Suku Thai Dikuasai Unsur Politik

Mengapa suku Thailand mendapatkan nama ini? Ini karena istilah Thai mengacu pada unsur politik yang menunjukkan identitas Thai yang lebih modern. Dalam hal ini, wilayah tersebut menyatukan berbagai suku dan budaya. 


4. Nenek Moyang Thailand

Nenek moyang suku Thailand adalah orang-orang yang tinggal di wilayah pegunungan di selatan Sungai Yangtze, lebih tepatnya di provinsi Yunnan di Tiongkok. Berdasarkan dokumen sejarah tertulis bahwa masyarakat Thailand hidup sejak abad ke-6 SM. ada


Ini adalah penjelasan tentang fakta unik tentang suku Thailand. Kegiatan ekonomi utama masyarakat Thailand adalah pertanian. []

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA