24 C
id

Mendagri Ajak Kepala Daerah Bersinergi Atasi Inflasi, Stabilkan Harga Pangan Jelang Ramadhan

 

Mendagri Ajak Kepala Daerah Bersinergi Atasi Inflasi, Stabilkan Harga Pangan Jelang Ramadhan
Muhammad Iswanto, S.STP, M.M selaku Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar dan Drs Sulaimi MSi, selaku Sekdakab Aceh Besar,
menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah tahun 2023 yang diadakan oleh Kementerian Dalam Negeri
melalui Zoom Meeting dari Ruang Rapat Lantai III Setdakab Aceh Besar. (Foto: HUMAS)
JANTHO - Mendagri Prof. H. Tito Karnavian memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri melalui zoom meeting pada Senin (6/3/2023). Tito Karnavian mengajak seluruh kepala daerah untuk meningkatkan koordinasi dan melaksanakan berbagai langkah konkret dalam pengendalian laju inflasi di daerah masing-masing.


Dalam Rakor tersebut, Tito Karnavian meminta seluruh kepala daerah untuk menstabilkan harga barang pangan agar dapat terjangkau oleh seluruh masyarakat, terutama menjelang bulan Ramadhan 1444 H dan Hari Raya Idul Fitri. Selain itu, setiap kepala daerah juga diharapkan untuk memperkuat kerjasama antardaerah melalui pemenuhan komoditas dari daerah yang surplus dengan daerah yang kekurangan komoditas serta menjalin koordinasi untuk hambatan dan kendala moda transportasi barang atau jasa.

Upaya lainnya yang harus terus dilaksanakan adalah meningkatkan kegiatan Pangan Murah bagi masyarakat dan penguatan sektor pertanian, perdagangan, dan perluasan lapangan kerja di setiap daerah. Melalui Rakor Pengendalian Inflasi ini diharapkan para kepala daerah rutin memantau harga pangan dan stabilitas pasokan barang guna pengendalian inflasi dan meningkatkan ekonomi masyarakatnya.

Tito Karnavian juga meminta para kepala daerah untuk mewaspadai kenaikan harga beberapa komoditas yang dominan menyumbang inflasi menjelang bulan Ramadhan 1444 H, seperti bahan bakar rumah tangga, minyak goreng, daging ayam, dan beberapa komoditas lainnya.

Rakor Pengendalian Inflasi tahun 2023 dihadiri oleh pejabat Perum Bulog, para gubernur, bupati, dan walikota se-Indonesia. Dalam Rakor tersebut, turut dibahas berbagai langkah konkret dalam pengendalian inflasi di daerah dan upaya yang akan dilakukan pemerintah daerah untuk menstabilkan harga pangan menyambut puasa Ramadhan 1444 H. Materi disampaikan oleh Pudji Ismartini (Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS), Dr Andriko Noto Susanto SP MP (Deputi Bidang Penganekaragaman dan Konsumsi serta Keamanan Pangan Badan Pangan Nasional), Syailendra (Staf Khusus Menteri Perdagangan Republik Indonesia), dan pejabat dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia.[]

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA