24 C
id

Program Pemutihan PKB Tahap II di Aceh Barat, Targetkan 4.000 Kendaraan Bayar Pajak

Program Pemutihan PKB Tahap II di Aceh Barat, Targetkan 4.000 Kendaraan Bayar Pajak
Ilustrasi BPKB (Foto: Wuling.ID)

MEULABOH - Pemerintah Aceh telah meluncurkan program pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahap kedua, yang berlangsung dari 1 Maret hingga 30 April 2023. Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor yang telah menunggak pajak selama tiga tahun atau lebih. Program ini berlaku khusus untuk Kabupaten Aceh Barat, di mana Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) menargetkan 4.000 kendaraan untuk membayar pajak.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Wilayah XII Aceh Barat, Badan Pengelolaan Keuangan Aceh (BPKA), Awal Muhaddir mengatakan bahwa target realisasi dari ribuan kendaraan yang ikut program pemutihan pajak adalah sebesar 40,2 persen. Mayoritas kendaraan yang ditargetkan untuk program ini adalah sepeda motor.

Awal Muhaddir juga menjelaskan bahwa program pemutihan PKB ini memungkinkan kendaraan yang menunggak pajak selama tiga tahun atau lebih untuk membayar hanya pokok pajaknya saja, sementara denda keterlambatan pembayaran PKB akan ditiadakan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak dan memperkecil jumlah kendaraan yang menunggak pajak.

Awal Muhaddir juga meminta masyarakat yang belum membayar pajak pada tahap sebelumnya untuk segera melunasi PKB pada program subsidi ini. Dia mengharapkan agar masyarakat benar-benar memanfaatkan kesempatan ini agar tidak ada lagi kendaraan yang menunggak PKB hingga bertahun-tahun, baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

Dengan program ini, diharapkan masyarakat akan lebih sadar akan pentingnya membayar pajak kendaraan bermotor secara tepat waktu. Selain itu, program ini juga dapat membantu Pemerintah Aceh dalam meningkatkan penerimaan pajak dan mengurangi jumlah kendaraan yang menunggak pajak.[]

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA