24 C
id

Kuta Alam, Kecamatan Paling Ramai di Banda Aceh: Menelusuri Keramaian Ibukota Provinsi Aceh

kecamatan teramai
Tugu Simpang 5 Banda Aceh (Foto: Net)
ACHEHNETWORK.COM - Banda Aceh, ibu kota Provinsi Aceh, memang menjadi pusat kegiatan pemerintahan, ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Dengan peranannya yang penting, tidak heran jika kota ini selalu ramai dengan penduduk yang tinggal di dalamnya.

Terdiri dari 9 kecamatan, yaitu Baiturrahman, Banda Raya, Jaya Baru, Kuta Alam, Kuta Raja, Lueng Bata, Meuraxa, Syiah Kuala, dan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh memiliki beberapa kecamatan yang dikenal sebagai daerah dengan jumlah penduduk yang padat.

Kehadiran banyak penduduk di suatu tempat membuat suasana di daerah tersebut terasa lebih hidup dan sibuk. Lalu, kecamatan mana saja di Kota Banda Aceh yang terkenal sebagai daerah yang paling ramai? Jawabannya terungkap dalam buku "Kota Banda Aceh dalam Angka 2023" yang baru dirilis. Berikut adalah lima kecamatan teramai di Banda Aceh.

Peringkat kelima ditempati oleh kecamatan Meuraxa dengan jumlah penduduk mencapai 27,74 ribu jiwa pada tahun 2022. Kemudian, pada peringkat keempat ada kecamatan Ulee Kareng dengan jumlah penduduk sebesar 28,15 ribu jiwa pada tahun yang sama.

Masuk pada peringkat ketiga terdapat kecamatan Baiturrahman dengan jumlah penduduk mencapai 32,80 ribu jiwa pada tahun 2022. Sementara itu, peringkat kedua ditempati oleh kecamatan Syiah Kuala dengan jumlah penduduk sebesar 33,29 ribu jiwa pada tahun yang sama.

Namun, yang memimpin sebagai kecamatan teramai di Banda Aceh adalah Kuta Alam. Kecamatan ini menempati peringkat pertama dengan jumlah penduduk mencapai 42,75 ribu jiwa pada tahun 2022.

Kuta Alam menjadi pusat kegiatan dan keramaian di Banda Aceh, dengan berbagai aktivitas sosial, ekonomi, dan kebudayaan yang berlangsung di daerah tersebut. Dengan jumlah penduduk yang signifikan, Kuta Alam memang menjadi magnet bagi masyarakat yang ingin beraktivitas dan menikmati kehidupan perkotaan.

Dengan demikian, kehadiran kecamatan-kecamatan tersebut sebagai daerah teramai di Banda Aceh menunjukkan dinamika dan kehidupan yang kental dalam kota ini.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

REKOMENDASI UNTUK ANDA