24 C
id

Kisah Sukses Bayu Ananto: Dari Manajer ke Pemilik 25 Cabang Tahuku Crispy

Tahuku Crispy
Ilustrasi Tahuku Crispy(kompas)


AchehNetwork.com -  Pada tahun 2023, kita memasuki kisah inspiratif Bayu Ananto, pemilik Tahuku Crispy yang mengambil langkah berani meninggalkan jabatannya sebagai manajer untuk menjalani bisnis tahu yang sukses.


Kisah sukses Bayu Ananto ini telah melahirkan 25 cabang bisnis tahu sejak ia memulai perjalanan bisnisnya pada tahun 2021.

Namun, tahukah Anda bagaimana Bayu mencapai kesuksesannya seperti saat ini? Mari kita simak perjalanan inspiratifnya yang kami kutip dari kanal YouTube Medsos Biz pada tanggal 15 Oktober 2023.


"Saya dulu bekerja sebagai seorang manajer di perusahaan swasta. Pada saat itu, gaji saya sudah melebihi Upah Minimum Regional (UMR) di Jogja, bisa dibilang sekitar tiga kali lipat UMR Jogja," kata Bayu.


Sebelum akhirnya mengambil keputusan besar untuk mengundurkan diri, Bayu sudah merasa memiliki ide bisnis jualan tahu.

Bahkan, ia sudah membuka outlet tahu untuk istrinya, yang mana istrinya akan mengelolanya.


Seiring berjalannya waktu, istrinya berhasil menghasilkan omzet yang lebih besar dari gaji Bayu jika bisnis tahu tersebut dikelola dengan baik.

Inilah yang menjadi pijakan untuk gagasan Bayu dalam mengembangkan Tahuku Crispy.


"Saya akhirnya berbicara dengan istri, apakah saya tetap bekerja di perusahaan swasta atau keluar untuk fokus pada bisnis tahu ini. Kemudian, istri mempertimbangkan bahwa jika bisnis ini ditekuni, hasilnya akan mencukupi kebutuhan hidup kita sehari-hari," ujar Bayu.


"Istri saya akhirnya mengatakan, 'Jika kamu yakin, dan kita telah sepakat, maka aku izinkan kamu untuk mengundurkan diri.' Jadi, saya pun mengambil keputusan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan saya," lanjutnya.


Bulan Juli 2021 menjadi momen transisi yang menandai peralihan Bayu dari pekerjaan manajerialnya menjadi seorang pengusaha yang berdedikasi untuk mengembangkan bisnis Tahuku Crispy.


"Periode ini adalah masa yang memerlukan waktu, mungkin tidak sebentar, dengan banyak rintangan dan tantangan. Tiga bulan setelah saya mulai bisnis ini pada tahun 2021, saya menghadapi banyak rintangan dan perjalanan yang sulit," ungkap Bayu.


"Saya bertahan selama tiga bulan pertama, lalu saya mulai mempromosikan bisnis ini. Saya berbagi informasi melalui WhatsApp dan mengundang teman-teman untuk datang ke outlet saya," tambahnya.


Ternyata, beberapa dari mereka yang datang ke outletnya sangat tertarik untuk bergabung dalam bisnis penjualan tahu bersama Bayu.

Dari sinilah Bayu mulai menyiapkan peralatan seperti etalase, wajan, dan peralatan lainnya yang diperlukan untuk menggoreng tahu.


"Orang-orang yang bergabung dengan saya mencari tempat dan tenaga untuk berjualan, atau mungkin mereka bahkan ingin menjual tahu sendiri," kata pemilik Tahuku Crispy.


Hingga saat ini, bisnis tahu yang digeluti oleh Bayu telah berkembang pesat, dengan 25 outlet kemitraan tersebar mulai dari Piyungan di timur Jogja hingga Sedayu, dari Bantul hingga Imogiri di selatan, dan dari Condongcatur di utara Jogja.


Kisah sukses Bayu Ananto adalah contoh nyata bahwa keberanian untuk beralih dari pekerjaan konvensional menjadi seorang pengusaha bisa membawa kesuksesan besar.

Ia telah membuktikan bahwa dengan tekad dan kerja keras, impian bisa menjadi kenyataan.

Bayu Ananto adalah inspirasi bagi banyak orang yang ingin mengikuti jejaknya dalam memulai bisnis mereka sendiri.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya