24 C
id

Pawai Takbiran Meriahkan Kota Sabang Sambut Idul Fitri 1444 H

Pawai Takbiran

SABANG - Pemerintah Kota Sabang menggelar pawai takbiran dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1444 H tahun 2023. Acara ini diadakan di kawasan wisata Sabang Fair pada malam Jumat (21/4/2023). Sebanyak 21 gampong di Kota Sabang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi menyatakan bahwa pawai takbiran ini sebagai ungkapan rasa syukur atas kemenangan setelah menjalankan ibadah selama satu bulan penuh di bulan puasa.

"Tradisi pawai takbiran sudah menjadi bagian dari syiar umat Islam, di mana kita melakukan konvoi keliling kota dengan menggunakan kenderaan yang dihias dan mengumandangkan takbir sebagai wujud syukur menyambut hari kemenangan setelah berpuasa selama satu bulan," ujar Pj Wali Kota Sabang.

Reza Fahlevi juga mengungkapkan bahwa antusiasme masyarakat sangat terlihat di malam itu, dengan segala kreativitas yang ditampilkan dalam hiasan kendaraan dan cara mengumandangkan takbir menggunakan beduk dari masing-masing gampong.

Pj Wali Kota Sabang juga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H kepada seluruh umat Muslim Kota Sabang. "Saya sebagai Wali Kota Sabang, atas nama seluruh jajaran pemerintah Kota Sabang, mengucapkan allahummaj'alna minal 'aidin wal faizin dan memohon maaf lahir dan bathin," kata Reza Fahlevi.

Ketua Panitia kegiatan pawai takbiran hari raya Idul Fitri 1444 H/2023 M, Drs Marwan juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun oleh pihaknya. Namun, tahun ini hanya 21 gampong dari 30 gampong yang mendaftar yang berpartisipasi dalam pawai ini.

Para peserta lomba akan dinilai oleh panitia di beberapa titik dari segi bacaan takbiran, yaitu fasahah, tajwid, dan dekorasi kendaraan. Para peserta akan melewati rute dari titik kumpul di Sabang Fair menuju Pantai Paradiso, melewati RSUD Kota Sabang, menuju jalan O Surapati, tugu Simpang Garuda, langsung naik ke jalan Sabang Balohan, kembali ke taman burung, jalan Perdagangan, dan kembali lagi ke titik awal.

Drs Marwan mengatakan bahwa total ada 30 peserta yang mendaftar, dan meskipun ada beberapa yang tertinggal, kegiatan ini akan dibuat lebih meriah lagi di masa yang akan datang dengan memberikan undangan ke setiap gampong untuk berpartisipasi.[]

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

REKOMENDASI UNTUK ANDA